Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Tidar sukses menyelenggarakan acara penutupan Bina Desa dan Peresmian GenBI Corner pada Sabtu (2/08). Acara yang menjadi puncak Bina Desa GenBI UNTIDAR dilaksanakan di MI Al Islam Purwosari, Dusun Mertan, Desa Purwosari, Salaman, Magelang. GenBI sendiri adalah komunitas Mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia. Bina Desa ini menjadi salah satu poin kegiatan yang mesti dijalankan oleh GenBI.

Terhitung sudah enam bulan GenBI UNTIDAR melaksanakan kegiatan Bina Desa di Dusun Mertan, yaitu mulai 13 Februari sampai 2 Oktober 2021. Sasaran dari program kerja Bina Desa GenBI UNTIDAR ini adalah Siswa MI Al Islam Purwosari dan Masyarakat Mertan.

Rangkaian kegiatan Bina Desa yang telah dilaksanakan antara lain: Kula Nuwun Mertan, GenBI Menanam, Bersih Indonesia, Pelatihan Membuat Kerajinan Anyaman Bambu seperti tenggok dan srengkot, Sosialisasi Masuk Dunia Kerja, Sosialisasi Ubah Sampah Jadi Berkah, Latihan Menari, Bedah Film, dan yang terakhir yaitu Penutupan Bina Desa dan Peresmian GenBI Corner.

Dalam menjalankan programnya, GenBI UnTidar menggandeng pihak Dinas, yaitu Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) Kabupaten Magelang dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang.

Acara Bina Desa oleh GenBI UnTidar mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Tidar, Prof. Sugiyarto. “Suatu kehormatan bagi kami melihat GenBI yang berhasil membuat acara yang ramai dan dihadiri oleh banyak perangkat desa. Setelah enam bulan melaksanakan Bina Desa di Dusun Mertan, saya berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan silaturahmi antara GenBI UnTidar dan warga Dusun Mertan tetap terjaga.” ungkapnya.

Selain itu, apresiasi juga diberikan Pembina GenBI UNTIDAR, Siti Afidatul Khotijah, S.E., M.Ak. “Menurut saya, Bina Desa yang telah dilaksanakan oleh GenBI UnTidar di Dusun Mertan sangat luar biasa, karena dengan adanya Bina Desa ini bisa memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat dan membagikan ilmunya di desa sehingga masyarakat juga dapat merasakan manfaatnya.” sebutnya.

Ditemui di tempat yang sama, salah satu warga Mertan, Siti Fadillah turut berharap agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut. “Alhamdulillah adanya kegiatan Bina Desa seperti ini bisa menambah ilmu yang bermanfaat bagi kami semua. Semoga kedepannya GenBI UNTIDAR bisa terus melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan tetap menjaga silaturahmi dengan kami,” ucapnya.

Menanggapi acara penutupan Bina Desa, Ketua GenBI Komisariat UnTidar, Yuninda Dewi, mengucapkan terima kasih kepada Dusun Mertan dan MI Al-Islam Purwosari yang telah memberikan dukungan terhadap program-program yang telah dijalankan oleh GenBI Komisariat UnTidar. “Semoga rangkaian program kerja yang telah dilaksanakan dengan masyarakat dapat memberikan kebermanfaatan dan semoga pembelajaran dari kami GenBI Komisariat UnTidar tidak dilupakan begitu saja, melainkan tetap harus dikembangkan lagi sehingga dapat memajukan masyarakat Dusun Mertan.” pungkasnya.

Penulis : DSA

Editor : Danu Wiratmoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here