Mahasiswa Universitas Tidar Ciptakan Snackbar Peningkat Imunitas Tubuh dengan Campuran Asam Jawa

0
87

Empat mahasiswa Universitas Tidar (UNTIDAR) berinovasi menciptakan produk olahan oatmeal dan asam jawa yang diberi nama Bismeal Tradisional “Tamarindus Indica”. Mereka adalah Fendi Yayuki, Anissa Rachman, Diva Aisya Febriyanti, dan Zuvita Rahma Sari dari program studi S1 Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Tidar. Keempatnya dibimbing oleh dosen prodi peternakan Tri Puji Rahayu, S.Pt., M.P. “Keunggulan dan tujuan dibuatnya bismeal tradisional “Tamarindus Indica” adalah sebagai camilan sehat rendah kalori dan kaya vitamin, sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh atau imunitas tubuh di masa pandemi agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu juga mampu menurunkan berat badan”, jelas Fendi selaku Ketua Tim. “Perpaduan rasa asam dari asam jawa dan manisnya oatmeal yang dicampur susu akan memberikan rasa yang khas tradisional. Yang pasti sangat baik untuk meningkatkan imunitas. Selain memiliki rasa yang lezat, bismeal tradisional “Tamarindus Indica” dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Kami mencoba untuk mengemasnya dalam bentuk camilan sehat yang kaya akan vitamin dan baik untuk meningkatkan imunitas dengan sangat menarik, agar masyarakat tertarik untuk membelinya dan dapat bersaing dengan snack bar yang ada dipasaran”, tambahnya.

 

Produk Bismeal Tradisional “Tamarindus Indica” sudah dipasarkan sejak tiga bulan yang lalu, tepatnya pada Juli 2021. Bismeal tradisional “Tamarindus Indica” bermanfaat sebagai alternatif penurun berat badan dan bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Produk ini aman untuk dikonsumsi semua orang terkecuali anak dibawah usia 3 tahun. “Target pasar produk kami adalah semua kalangan, baik usia remaja, maupun usia dewasa. Penentuan lokasi outlet produk kami pilih dekat dengan tempat keramaian, pusat perbelanjaan, sekolah, perguruan tinggi dan akses jalan raya”, urai Fendi. Dikemas secara sederhana dan menarik, produk Bismeal Tradisional “Tamarindus Indica” dijual dengan harga Rp 7.000,00. Dengan harga tersebut, pembeli bisa memperoleh 1 buah Bismeal Tradisional “Tamarindus indica” dengan berat @25 gram per kemasannya. Informasi lebih lengkap mengenai bismeal ini juga dapat diakses melalui media sosial Instagram @bismealaj_id.

Melalui produk ini, diharapkan masyarakat dari usia muda hingga dewasa dapat mengonsumsi makanan sehat secara mudah dan tidak bosan. Selain itu, Bismeal Tradisional “Tamarindus Indica” juga dikategorikan sebagai EFP (Emergency Food Product) yaitu pangan yang dapat dikonsumsi pada saat darurat yang memiliki gizi yang beragam dan baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi harian.

Bismeal Tradisional “Tamarindus Indica” adalah produk inovatif mahasiswa UNTIDAR yang tahun ini lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K). PKM-K adalah Program yang diluncurkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada laba (profit). Tujuan PKM-K adalah menghasilkan karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here