Taruna Teknik Sipil Pertahanan Akademi Militer mengikuti Pelatihan Perencanaan Campuran Beton (Mixdesign) dan Pekerjaan Baja bekerjasama dengan Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar.

Kegiatan yang diikuti 29 taruna AKMIL ini dilaksanakan dalam 2 periode yaitu pada Selasa, 20 April 2021 dan 27 April 2021. Materi yang diberikan selama pelatihan meliputi campuran beton, mutu beton, pengujian semen, pasir (agregat halus), pengujian agregat kasar (split), faktor air semen (fas),  campuran dengan perbandingan volume, campuran dengan perbandingan berat, serta mixdesign campuran sesuai PBI 1971 atau SNI tentang perencanaan campuran beton.

Dokumentasi : Satria Prayudha Ramadhani – Teknik Sipil

Setelah perhitungan komposisi campuran selesai, taruna diminta membuat campuran dengan menimbang PC, pasir, air dan spliet dilanjutkan dengan mengaduk  menggunakaan alat  mixer elektrik yang sudah disiapkan di Laboratorium Material. Setelah adukan jadi diadakan pengujian slump dan pembuatan benda uji silinder beton diameter 15 cm dengan tinggi 30 cm untuk test kuat desak beton dan  balok uji  untuk pengujian lentur balok.

Sebelumnya tim dari Jurusan Teknik Sipil telah menyiapkan benda uji silinder dan balok. Pada saat itu taruna juga dilatih menggunakan alat uji tekan (Compression  Machine) dan alat uji lentur (Flexure Machine) untuk mengetahui kuat lentur balok diperagakan uji kuat tekan beton dengan Hammer Test.

Selanjutnya praktek baja di mulai, materi tentang baja  bangunan disampaikan beberapa hal, antara lain: Bahan baja kelebihan dan kekurangan bahan baja, tentang sejarah penggunaan baja, proses produksi baja, macam-macam profil baja, cara menentukan ukuran profil baja, cara pengujian tarik baja, cara menentukan mutu baja, praktek uji tarik baja dengan alat Universal Testing Machine.

Praktek memotong baja, praktek membengkok baja, praktek mengelas baja dengan las listrik, praktek menyambung baja dengan mengebor dan membaut plat didampingi oleh Muhammad Amin, , Dwi Sat Agus Yuwana dan Ali Murtopo dan laboran.

Dokumentasi : Satria Prayudha Ramadhani – Teknik Sipil

Kegiatan ini didampingi Ketua Jurusan Teknik Sipil, Muhammad Amin, S.T., M.T., Ir. Dwi Sat Agus Yuwana, M.T. (Ka. Laboratorium Teknik Sipil), Dr. Yudhi Arnandha, S.T., M.T., Anis Rakhmawati S.T., M.T., Ali Murtopo, S.Pd., M.Eng, Lalu Samsul Aswadi S.T., M.Eng., sebagai pengajar dan Instruktur serta 2 orang Laboran Iwan Rahman Hakim, S.T. dan Muhammad Edi Arifian, S.Stat, dan 4 Dosen pendamping dari Akademi Militer Kolonel Czi  Ir. Agus Supriyono, M.T., Mayor Czi Jumadi, S.H.,M.H., Mayor Czi Ndaru Sukmono Aji, S.T., M.Sc.,  Kapten Czi Luluk K., S.T.

Dokumentasi : Satria Prayudha Ramadhani – Teknik Sipil

Menurut Muhammad Amin, “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Jurusan Teknik Sipil  Fakultas Teknik UNTIDAR dan Akademi Militer Magelang, untuk meningkatkan keterampilan bagi taruna di bidang pekerjaan  beton dan pekerjaan konstruksi baja. Sangat bermanfaat untuk membekali ketrampilan dan pengetahuan taruna  dalam membuat campuran sampai penggunaan beton untuk struktur bangunan serta tentang pekerjaan struktur baja. Semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan di waktu yang akan datang,” demikian ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Tidar dengan Akademi Militer Magelang No.1679/UN57/KS/2020 dan PKS/02/X/2020 tanggal 15 Oktober 2020, tentang Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penulis : Muhammad Amin, S.T., M.T.

Editor : Tim Humas UNTIDAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here