Peran Perguruan Tinggi sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan sebuah kota sangatlah penting. Universitas Tidar sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Kota Magelang harus lebih banyak berperan serta dari sisi akademisi.

Hal ini disampaikan Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Si., Rektor UNTIDAR, saat menyampaikan sambutan dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Kota Magelang di ruang sidang lantai 2 gedung Sekretariat Daerah Kota Magelang, Senin (03/05/2021).

“Dengan 5 Fakultas yang ada, semoga UNTIDAR dapat membantu memberikan sumbangsih pemikiran dalam pembangunan kota ke depannya, sesuai amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Kepada Masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini Mukh Arifin didampingi kepala BAKPK UNTIDAR, Drs. Giri Atmoko, M.Si., Sekretaris Rektor, dan staf Kerjasama. Nota kesepahaman ini diharapkan akan memayungi kerjasama yang sinergis antara unit kerja di lingkungan UNTIDAR dengan OPD atau satuan kerja di lingkungan Pemeritahan Kota Magelang.

Pihak Pemkot Magelang dihadiri oleh Walikota Magelang, dr. H. Muhammad Nur Aziz, Sp.PD., didampingi Wakil Walikota KH. Drs. Muhammad Mansyur, M.Ag., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Agus Sujito, dan beberapa pejabat lainnya.

Dalam sambutannya seusai penandatanganan, Nur Aziz atau lebih dikenal sebagai Dokter Aziz menyampaikan harapannya UNTIDAR dapat menjadi salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

“UNTIDAR dengan hampir 10 ribu mahasiswa adalah kekuatan yang layak diperhitungkan dalam peningkatan ekonomi kecil menengah di sekitarnya, dan ikut menjadi center of excellence, di mana Pemkot nantinya bisa meminta sumbang sarannya terkait pembangunan kota,” sambungnya.

Selama ini, menurutnya, UNTIDAR sudah banyak berperan dan bekerjasama dengan Pemkot Magelang. Dengan adanya Nota Kesepahaman ini diharapkan akan lebih banyak hal yang bisa dikerjakan bersama. Untuk itu, Pemkot juga berjanji akan memberikan kemudahan fasilitas selama dibutuhkan demi kemajuan UNTIDAR. 

Penulis / Editor : Tim Humas UNTIDAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here