Kekayaan sumber daya alam dan budaya di kawasan pedesaan, memiliki potensi kuat untuk meningkatkan daya saing negara yang dimulai dari desa. Salah satu desa di Kawasan Borobudur yang memiliki potensi dan berpeluang untuk memanfaatkan fenomena Global Village dalam sektor pariwisata adalah Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Berdasarkan data Index Desa Membangun (IDM) 2019, Desa Ngargogondo termasuk dalam kategori desa berkembang hal ini salah satunya didukung oleh akses informasi dan komunikasi di Desa Ngargogondo yang sudah memadai. Selain itu Desa Ngargogondo memiliki potensi wisata edukasi yaitu Desa Bahasa. Desa Bahasa di Desa Ngargogondo menawarkan paket edukasi yang dipadukan dengan aktivitas berwisata.

Potensi sumberdaya alam Desa Ngargogondo yang terletak di barisan Pegunungan Menoreh tepatnya tiga kilometer arah tenggara Objek Wisata Candi Borobudur memiliki potensi sumberdaya alam yang dapat menunjang pembangunan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.  Potensi tersebut salah satunya adalah sungai yang melintas desa yang dipercaya oleh masyarakat desa sebagai sungai purba yaitu Sungai Sileng. Selain sumberdaya alam, Desa Ngargogondo juga memiliki potensi budaya diantaranya beberapa Dusun di Desa Ngargogondo masih melestarikan Nglaras Madyo sebagai salah satu kebudayaan yang dilestarikan.

Dalam rangka akselerasi pengembangan Desa Wisata di Desa Ngargogondo serta dalam rangka mewujudkan mewujudkan kebijakan Kampus Merdeka dengan memberikan ruang yang lebih besar kepada mahasiswa untuk ikut terlibat dalam program-program pemberdayaan desa maka dibutuhkan kolaborasi berbagai stakeholder. Bukan hanya masyarakat desa sebagai sebagai eksekutor utamanya, tetapi juga pemerintah sebagai regulator, pihak swasta sebagai akselerator dan perguruan tinggi sebagai fasilitator dapat berkolaborasi mengembangkan Desa Wisata di Desa Ngargogondo sesuai tugas pokok dan fungsinya. Berdasarkan latarbelakang tersebut maka Universitas Tidar melalui UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Pembangunan Pedesaan (UPT PKPP) berkolaborasi dengan Pemerintah Kab. Magelang khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Magelang, Pemerintah Desa Ngargogondo dan Wirausaha Magelang sebagai komunitas wirausaha di Magelang bekerjasama menyusun Program Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata berbasis Pendampingan di Desa Ngargogondo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, dilanjutkan dengan pengembangan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Pengelola Desa Wisata/ Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),

“Sasaran program pengembangan desa wisata berbasis pendampingan ini adalah Aparatur Desa, Pengelola BUMDes, Pengelola Balkondes, UMKM, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Karangtaruna, dan Masyarakat Desa sebagai pelaku wisata”, ujar Lucia Rita Indrawati, M.Si., Kepala UPT PKPP UNTIDAR.

“Adapun target program pengembangan desa wisata berbasis pendampingan di Desa Ngargogondo  yaitu terbentuknya Kelembagaan Desa Wisata di Desa Ngargogondo dan Pengelola BUMDes memiliki SOP Pengelolaan Desa Wisata. Selain itu Pengelola Balkondes, UMKM, Pokdarwis, Karangtaruna dan Masyarakat sebagai pelaku wisata di Desa Ngargogondo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang ditargetkan memiliki kompetensi Digital Marketing. Target lainnya adalah Pelaku Wisata memiliki paket wisata unggulan  dan Desa Ngargogondo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang mendapatkan SK Desa Wisata dari Bupati Kab.Magelang. Untuk mewujudkan target tersebut ada banyak pelatihan yang kami adakan diantaranya Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata (Paket Wisata, Story Telling, Best Practice Village Tourism, Community Readiness), serta Pelatihan dan Praktik Digital Marketing. Kami juga mengadakan FGD Penyusunan Kelembagaan Desa Wisata dan SOP Pengelolaan Desa Wisata serta melakukan Pendampingan Pengajuan SK Desa Wisata”, tambahnya.

“Di tahun 2021 ini kami melaksanakan berbagai program diantaranya  Pelatihan & Praktek Promosi Terintegrasi. Lalu Pelatihan serta Praktik Bahasa Inggris, Hospitality, Budaya, dan Karakteristik Wisatawan. Kami juga mengadakan Pelatihan Pengembangan Kelompok Usaha,Workshop Fasilitator, serta Peningkatan Kapasitas Organisasi Desa Multi Disiplin. Kami berharap melalui berbagai program yang kami laksanakan ini, UPT PKPP bisa turut andil dalam pengembangan dan peningkatan SDM  Pengelola Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Ngargogondo. Dalam jangka panjang tentunya kita semua berharap Desa Ngargogondo dengan segala potensinya bisa menjadi Desa Wisata yang maju dan mandiri”, urai Lucia menutup wawancara.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum (Humas UNTIDAR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here