Video marketing merupakan strategi pemasaran yang saat ini gencar dilakukan oleh para pelaku usaha, baik pelaku usaha kecil maupun pebisnis dengan skala besar atau multinasional. Melakukan strategi digital marketing menggunakan video dinilai lebih efektif untuk menciptakan brand awareness, brand image dan brand recognition kepada calon konsumen dengan tujuan  menarik minat calon konsumen dan memperluas target pasar. Hal inilah yang melatarbelakangi Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Pembangunan Pedesaan (UPT PKPP) UNTIDAR mengadakan Pelatihan Praktik Pembuatan dan Editing Video Promosi Produk Bagi Mahasiswa dan Pelaku UMKM, yang merupakan kelanjutan dari Pelatihan Praktik Pembuatan Foto Promosi Produk. Kegiatan ini bertujuan memberikan fasilitasi pendampingan dalam pengembangan usaha yang dijalankan oleh mahasiswa dan pelaku usaha di sekitar kampus Universitas Tidar. Pelatihan dilaksanakan di Ruang 03.3.04 dan 03.3.05 Gedung Fakultas Teknik 3, Jumat, (22/10/2021) dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Acara dibuka oleh Dr. Sri Sarwanti, S.Pd., M.Hum., mewakili Kepala UPT PKPP. Dalam sambutannya Dr. Sri Sarwanti menyampaikan perlunya wirausahawan di era millennial untuk kreatif dan inovatif, salah satunya dengan memiliki pengetahuan dan ketrampilan digital marketing. “Untuk membuat video promosi tidak harus menggunakan alat yang mahal. Justru pada kesempatan ini pemateri akan memberikan pelatihan bagaimana membuat video promosi yang menarik hanya dengan menggunakan handphone”, katanya.

Acara dimulai mulai pukul 09.00 s.d. 14.00 WIB, menghadirkan pemateri Ahmad Nur Fauzi (Praktisi Editing Video Produk) dan Naufal Luthfi Albaihaqi (Praktisi Videografi). “Video produk bermanfaat untuk memperkenalkan bisnis yang dijalankan, memperluas jangkauan pembeli, memberi deskripsi produk, menunjukkan kualitas produk, meyakinkan pembeli untuk membeli produk dan membangun kepercayaan pembeli”, jelas Naufal. Lebih lanjut Naufal menjelaskan perlu adanya riset sebelum membuat video promosi, penyusunan storyboard, penyusunan konsep video dan persiapan alat penunjang pembuatan video. Selama praktik pembuatan video promosi, peserta pelatihan juga dikenalkan dengan teknik-teknik pengambilan gambar seperti extreme long shot, long shot, full shot, medium shoot, close up dan extreme close up. “Tips videografi produk dengan menggunakan smartphone diantaranya adalah dengan memakai tripod atau monopod saat pengambilan gambar, menggunakan manual fokus, hindari zoom digital, atur resolusi video, tidak menggunakan efek berlebihan dan memperhatikan sumber cahaya”, urai Naufal.

UPT PKPP selama ini fokus mengadakan berbagai program kegiatan sejalan dengan visi dan misinya untuk menjadi Unit Pelaksana Teknis yang unggul dalam melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan, dalam model pengembangan kewirausahaan dan model pembangunan perdesaan guna mendukung kualitas lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan serta peka terhadap permasalahan yang timbul dalam pembangunan perdesaan. Secara rutin UPT PKPP mengadakan kegiatan pelatihan kewirausahaan baik bagi mahasiswa maupun masyarakat umum, menyediakan informasi tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pengembangan usaha, dan memberikan bimbingan serta advokasi bagi wirausaha pemula. UPT PKPP juga bekerjasama dengan institusi atau lembaga baik di dalam maupun di luar kampus dalam mengembangkan kewirausahaan maupun model pembangunan perdesaan.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here