Universitas Tidar terus berupaya meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi maupun industri di lingkup nasional maupun internasional.

UNTIDAR melakukan penandatanganan MoU secara daring dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Melaka Rabu (21/04). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Dekan, Pimpinan Departemen, dan juga Tim International Affairs dari kedua pihak.

Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. dan Rektor UiTM, Prof Dr. Abdul Halim Mohd Noor sepakat menyambut baik inisiasi kerjasama antar kedua perguruan tinggi ini. Hal itu disampaikan pada sambutan yang disampaikan Prof. Arifin dan Prof. Abdul Halim.

Acara diawali dengan diskusi daring mengenai bentuk-bentuk kerjasama yang mungkin dilakukan. Diskusi ini dipimpin oleh Puan Sumarni Bt, Maulan selaku Ketua Pusat Pengajian Akademi Pengajian Bahasa UiTM. Turut berdiskusi dalam kegiatan ini, Yosephine Laura Raynardia Esti Nugrahini, S.Pt., M.Sc., selaku Ketua Unit Kerjasama Internasional Untidar, Ketua LPPM-PMP Prof. Ir. Erry Purnomo, M.App.Sc., Ph.D., serta Prof. Dr. Sukarno selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Diskusi tersebut menghasilkan kesepakatan kerjasama yang pokok-pokoknya tertuang dalam MoU yang telah ditanda tangani.

Area kerjasama dalam MoU mencakup institutional exchanges, student exchange, kerjasama dalam simposium dan konferensi, serta pertukaran informasi dalam bidang akademik, penelitian, dan inovasi.

Pertemuan ditutup dengan penandatanganan MoU secara simbolis oleh kedua pihak. Harapannya, MoU dapat segera diimplementasikan dalam berbagai kegiatan nyata. International Credit Transfer (ICT) menjadi program awal yang paling mungkin akan dijalankan dalam waktu dekat.

Dalam perkembangannya, tentu kegiatan kerjasama bisa mencakup ke banyak aspek dan lebih luas lagi. Selepas pandemi, UNTIDAR mengundang keluarga besar UiTM untuk berkunjung ke Magelang, mempererat silaturahmi dan menghasilkan kemitraan yang bermanfaat.

Penulis : Lintang – UKI UNTIDAR

Editor : Tim Humas UNTIDAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here