Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia menyampaikan bahwa mahasiswa di seluruh Indonesia memiliki hak 3 semester kuliah di luar program studi atau di luar kampusnya. 

“Mahasiswa Indonesia dapat mengikuti program Kampus Merdeka yang terdiri dari magang di perusahaan atau organisasi, studi independen, membangun desa, membuat projek kemanusiaan, merancang kewirausahaan serta mengajar di SD lewat program kampus mengajar. Mari isi masa kuliah dengan pengalaman yang tidak tertulis di buku maupun diajarkan diruang kuliah,” tuturnya dalam Sambutan Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Tidar Tahun 2021 secara online pada Rabu (11/08).

Mas Menteri Nadiem juga menambahkan mahasiswa tidak perlu khawatir bagaimana cara bergabung dengan program ini. “Setiap perguruan tinggi sudah membuat rancangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai dengan kondisinya masing-masing. Bahkan kementerian juga mendukung segala biayanya termasuk uang saku selama mengikuti program tersebut,” tambahnya.

Sependapat dengan Mas Menteri, Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. menjelaskan bahwa  semua program pembelajaran dirancang untuk memberikan kebebasan kepada para mahasiswa dalam memilih sendiri bidang ilmu pendukung selain bidang utama yang dipelajarinya. 

“UNTIDAR juga telah bergabung dalam jaringan kerjasama universitas di Asia, Asia Tenggara, dan beberapa universitas di Eropa yang siap menerima anda,” jelasnya. 

Upacara Sidang Senat Terbuka PKKMB UNTIDAR Tahun 2021 dilaksanakan di Gedung Kuliah Umum dr. H. Suparsono, UNTIDAR. Rektor secara simbolis menyematkan Jas Almamater dan Topi kepada perwakilan mahasiswa yaitu Woro Widowati, mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi, FISIPOL dan Luffi Erdian Pamungkas, mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi sebagai tanda penyambutan 2.930 mahasiswa baru UNTIDAR.

Kegiatan ini sekaligus merupakan pembukaan rangkaian PKKMB UNTIDAR Tahun 2021 yang dilaksanakan 11 – 16 Agustus 2021 yang diwajibkan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UNTIDAR.

Kegiatan PKKMB UNIVERSITAS TIDAR 2021 terbagi menjadi 4 Kelompok Besar Kegiatan Meliputi :

A.Pra PKKMB 2021

Pada kegiatan Pra PKKMB 2021 dilaksanakan berbagai kegiatan seperti :

  • Pendataan Mahasiswa Baru
  • Pembuatan Panduan dan Pembagian Panduan kepada Mahasiswa Baru
  • Pembuatan course PKKMB pada elmo.untidar.ac.id
  • Pembuatan akun elmo.untidar.ac.id untuk mahasiswa baru
  • Pengisian kuisioner awal
  • Technical Meeting

B.Pembukaan PKKMB 2021

Pada kegiatan Pembukaan PKKMB 2021 dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2021 dengan kegiatan :

  • Sidang Senat Pembukaan
  • Orasi Ilmiah Tokoh-tokoh Nasional
  • Video/Koreo Niti Laku Universitas Tidar

C.Pelaksanaan PKKMB 2021

Pelaksanaan PKKMB 2021 dilaksanakan pada Tanggal 12-15 Agustus 2021 yang meliputi kegiatan :

  • Pemberian Materi Akademik Pendidikan Tinggi – 12 Agustus 2021
  • Pemberian Materi non-Akademik (softskill)  – 13 Agustus 2021
  • Pemberian Materi Kefalkutasan dan Keprodian – 14 Agustus 2021
  • Pemberian Materi Orientasi Prestasi Mahasiswa – 15 Agustus 2021

D.Pasca PKKMB 2021

Kegiatan Pasca PKKMB 2021 terdiri dari :

  • Nasionalisme dan Personal Branding serta peningkatan kewirausahaan (16 Agustus 2021)
  • Selebrasi Puncak PKKMB 2021 (16 Agustus 2021)
  • Doa Bersama Lintas Agama (16 Agustus 2021)
  • Pengabdian Kepada Masyarakat (Bakti Sosial) – September 2021

PKKMB UNTIDAR bertujuan memperkenalkan mereka kepada tata kehidupan kampus, tata cara bergaul dengan sesama mahasiswa, tata cara bergaul antara mahasiswa dengan dosen dan staf kependidikan, tata cara menjalani kegiatan akademik dan tata cara berkegiatan non akademik.

Mengangkat tema Abipraya Nawasena diharapkan mahasiswa baru UNTIDAR dapat menjadi generasi yang bersinergi di masa pandemi. Memunculkan inovasi, ide dan solusi untuk sebuah masa depan yang cerah dalam menghadapi masa pandemi ini.

Pada kesempatan ini Walikota Magelang yang diwakilkan oleh Taufiq Nurbakin, S.Pd., M.Pd., juga turut memberikan sambutan.

Orasi ilmiah diberikan oleh DR. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si., Menteri Ketenagakerjaan RI; KH. Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Jateng; dan Habieb Husein Ja’far Al Hadar, S.Fil.I, M.Ag. 

Sidang Senat Terbuka Pembukaan PKKMB UNTIDAR Tahun 2021 ditayangkan pada Kanan Youtube Universitas Tidar.

Penulis : Kusumo Wardani

Editor : Danu Wiratmoko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here