MAHASISWA UNTIDAR CIPTAKAN PRODUK KAOS BERTEMA KEBUDAYAAN SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI

Di era globalisasi yang memicu lunturnya budaya Jawa, peningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berpendidikan berbudaya menjadi tantangan terbesar yang harus didorong. Melihat kondisi tersebut, Sejumlah mahasiswa UNTIDAR yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan (PKM –K) menciptakan produk kaos bernama Javonic sebagai media peningkatan literasi. Javonic mengusung tema kebudayaan Jawa yang meliputi Wayang Kulit, Batik Solo, Rumah Joglo, dan Candi Borobudur.

Tim PKM-K yang beranggotakan lima mahasiswa yaitu Hamdan Faozi, Yoga Pratama, Laely Nafila, Risva Aprillia dan Siti Jamilatun, menganggap tema kebudayaan Jawa yang diusung cocok untuk peningkatan literasi terhadap masyarakat dan generasi muda lantaran mengandung pesan moral untuk selalu melestarikan budaya yang ada di Indonesia, dan berisi ajakan jangan pernah berhenti untuk membaca. “Karena produk kaos yang paling sering beredar dari luar dan jarang mencerminkan nilai kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Jawa, kami berinisiatif menciptakan kaos dengan tema kebudayaan Jawa dilengkapi QR Kode yang dapat merepresentasikan cerita kebudayaan Jawa sebagai strategi untuk meningkatkan literasi” ucap Hamdan, Ketua Tim PKM-K Javonic, Kamis (11/8).

Tidak hanya menjadi produk peningkatan literasi, Javonic juga terintegrasi dengan teknologi terkini yaitu QR Code yang terhubung ke cerita kebudayaan Jawa melalui platform website Javonic. Pengguna hanya perlu memindai dengan ponsel, kemudian mendaftar menjadi member Javonic. “Detail produk terdiri dari kaos bertema Kebudayaan Jawa bersama penyematan QR Code pada label kaos, jenis ukuran M, L, XL, satu kartu berisi QR Code berukuran 7,5 cm × 4,5 cm yang terintegrasi dengan link website khusus buatan Tim PKM-K, serta kemasan produk berbahan LPPE yang mempunyai rel atau klip di atasnya yang bisa dibuka atau ditutup kembali,” terang Hamdan.

Di dampingi oleh dosen pembimbing, Rany Puspita Dewi, S.T., M.Eng., IPM., inovasi baru dari produk Javonic ini diharapkan mampu menjadi media literasi bagi masyarakat sekaligus generasi muda. “Integrasi dengan teknologi melalui QR Code yang dipindai dan terhubung dengan Website kami ini sebagai upaya agar masyarakat dan generasi muda dapat mempelajari kebudayaan melalui gawai dengan teknologi. Informasi lebih lanjut terkait produk dapat mengunjungi akun instagram resmi Javonic, yakni @javonic_” jelas Hamdan.

Penulis : Humas

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply