Wakil Rektor Bidang Akademik, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, serta Tim Humas dan Kerjasama UNTIDAR melaksanakan Kunjungan Kerja ke Unit Layanan Terpadu yang merupakan bagian dari unit kerja Humas Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Kunjungan dilaksanakan dalam rangka peningkatan wawasan terkait pengelolaan ULT.


Tim dari UNTIDAR diterima oleh Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A., selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Organisasi, dan Sistem Informasi, didampingi oleh Kepala Humas UPI, Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si., MCE, serta Direktur Direktorat Sistem Teknologi Informasi UPI, Dr. Cepi Riyana, M.Pd. Turut menyambut Kepala Seksi Layanan Informasi Publik, Hana Silvana, S.Pd., M.Si., Tito Edy Priandono, S.Sos., M.Si., selaku Kepala Seksi Liputan dan Berita, Jatmika Nurhadi, S.S., M.Hum., Kepala Seksi Publikasi dan Pengelolaan Media, Dr. Yana Setiawan, S.Pd., M.M., Kepala Seksi Kelembagaan, para Staf Humas dan Staf Unit Layanan Terpadu UPI. “Dalam waktu dekat kami akan memulai layanan satu pintu kepada stakeholders melalui Unit Layanan Terpadu. Untuk itulah kami berkunjung ke ULT UPI dengan tujuan ingin banyak belajar tentang pengelolaan ULT,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik UNTIDAR, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si.

Pada kesempatan yang sama Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Organisasi, dan Sistem Informasi UPI, Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A., menyampaikan banyak informasi tentang perkembangan dan profil ULT UPI. “Sama seperti UNTIDAR, di tahun 2018 lalu kami juga melakukan kunjungan ke Universitas Pajajaran untuk belajar, sebelum kami memulai layanan lewat Unit Layanan Terpadu,” jelasnya. “Tak dapat dipungkiri, pembentukan ULT sangatlah urgent demi meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemberian layanan,” tambahnya. Dr. Cepi Riyana, M.Pd., Direktur Direktorat Sistem Teknologi Informasi UPI menyampaikan, di era masyarakat digital seperti sekarang ini ULT harus terus dikembangkan dengan inovasi berbasis teknologi dan informasi. “Inovasi yang ditawarkan Unit Layanan Terpadu tentunya akan membawa banyak manfaat, yaitu meningkatkan produktivitas layanan dan jumlah pengguna layanan,” tambahnya.

“Unit Layanan Terpadu Universitas Pendidikan Indonesia merupakan pelaksana pelayanan publik di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia. Tugasnya antara lain adalah pelaksana pelayanan, pengelola pengaduan masyarakat, pengelolaan informasi, pengawasan internal, penyuluhan kepada masyarakat, dan pelaksanaan konsultasi,” ujar Kepala Humas UPI, Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si., MCE. “Beberapa layanan yang menjadi tugas dari Unit Layanan Terpadu adalah Informasi Publik yaitu informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik. (PPID UPI). Aspirasi dan Aduan. Layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat kepada Badan Publik. (LAPOR UPI) dan E-Legalisir, layanan legalisir yang dapat dilakukan secara daring, tanpa harus datang secara langsung. (LEGALISIR UPI). Alhamdulillah selama 3 tahun ini, ULT UPI mengalami perkembangan yang cukup pesat,” tambahnya. Kunjungan ke UPI ini tentunya memberikan banyak pencerahan bagi UNTIDAR. “Semoga informasi yang didapat dari ULT UPI bermanfaat sebagai bekal pengembangan ULT UNTIDAR, sebagai salah satu bagian Reformasi Birokrasi dalam bidang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik,” pungkas Kepala BAKPK UNTIDAR, Drs. Giri Atmoko, M.Si.

Penulis : Humas/TERK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here