Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) EXOTIC maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke -32 Tahun 2019. Penyelenggara kali ini oleh Universitas Udayana di Bali pada tanggal 27-31 Agustus 2019.

Tim PKM yang berangkat mewakili Universitas Tidar (UNTIDAR) dalam ajang tersebut beranggotakan Suwasdi (mahasiswa prodi agroteknologi 2016), Mahdalina Mursilati (mahasiswa prodi agroteknologi 2017) dan Surya Bagus Purnomo (mahasiswa prodi peternakan 2016), ketiganya membuat inovasi mengolah limbah kulit kacang tanah menjadi Extraordinary Peanut Shells Prebiotic (EXOTIC).

“EXOTIC menggunakan pemanfaatan limbah dalam bidang teknologi pangan yaitu kulit kacang tanah yang dikaji secara optimal untuk menghasilkan makanan bagi bakteri prebiotik”, jelas Suwasdi.

Menurut Ketua Tim EXOTIC tersebut latar belakang dari pelaksanaan penelitian ini adalah seringnya kulit kacang tanah terbuang dan tidak banyak orang tahu sebenarnya kulit kacang tanah mengandung kandungan selulosa, hemiselulosa dan lignin yang dapat diubah menjadi glukosa untuk menutrisi bakteri.

Saat ini bakteri prebiotik sudah mudah berkembang biak dengan adanya inulin, hanya saja harga inulin relatif mahal. Kulit kacang tanah mengandung selulosa yang tinggi sekaligus menjadi tempat tinggal dan berkembangbiak bakteri. Bakteri yang sudah berkembangbiak nantinya dapat digunakan menjadi bahan starter fermentasi makanan. Sebagai contoh bahan makanannya adalah susu apabila bakterinya dimasukkan kedalam susu dapat menghasilkan susu fermentasi.

Persiapan untuk maju ke PIMNAS selain laporan akhir, poster, presentasi, x–banner juga turut mengundang Bapak Slamet Riyadi,S.T.,M.Sc.,Ph.D.  dari Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai reviewer eksternal guna memaksimalkan persiapan kompetisi. Tim EXOTIC dilihat persiapan dan kemampuan kompetisi oleh reviewer tersebut dan diberikan masukan untuk mempersiapkan keikutsertaan agar lebih matang.

Suwasdi mengatakan bahwa ia dan timnya mendapatkan beberapa masukan dan tips dalam mengikuti ajang itu. “Kita diberikan beberapa tips salah satunya saat presentasi harus mengusai materi yang akan disampaikan, juga materi itu harus menarik apabila perlu untuk menambah semangat dapat dibuat yel-yel”, katanya.

Didampingi oleh dosen pembimbing, Esna Dilli Novianto, M.Biotech. mengatakan kebanggaanya mengantar Tim EXOTIC maju ke PIMNAS. “Senang sekali bisa mengantar mereka maju ke PIMNAS, semoga mereka dapat berlomba dengan semangat sampai akhir” katanya.

Dilli juga menambahkan harapannya selain dapat membawa pulang medali, hal terpenting lainnya adalah ilmu dan pengalaman saat mengikuti PIMNAS. Hal itu nantinya dapat dibagi kepada mahasiswa lainnya sebagai pemecut semangat muda UNTIDAR  untuk berprestasi.

Harapan tersebut juga diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Tidar, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. agar kedepannya akan lebih banyak tim yang maju ke PIMNAS mewakili UNTIDAR. “Bukan hanya mengharapkan mendapat medali, tetapi ilmu yang diperoleh dari mengikuti ajang perlombaan dapat menjadi pokok untuk kedepannya memunculkan generasi yang lebih siap dalam bersaing” jelasnya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here