Perpustakaan Universitas Tidar akan meluncurkan sistem informasi  yang berbasis online, sistem ini sudah dipersiapkan sejak bulan agustus lalu dan akan diluncurkan mulai bulan september 2018. Sistem informasi ini menyangkut sistem pencarian referensi dalam hal pencarian koleksi buku hingga judul skripsi yang sudah ada di Perpustakaan UNTIDAR.

“Akhir tahun  2018 ini, sistem informasi pencarian referensi di perpustakaan untidar sudah 100% online”, kata  Dr. A. Sri Haryati, M.Pd.

Menurut Kepala Perpustakaan Untidar itu,  seluruh sivitas akademika dapat mengakses pencarian tersebut dimana saja secara online. Dengan bantuan Bapak Hendro Wicaksono, dari Kementerian Pendidikan Jakarta, saat ini perpustakaan Untidar mengikuti pola pencarian referensi menyesuaikan perkembangan terbaru. Mengakses informasi melalui sistem pencarian referensi perpustakaan yang online atau daring lewat smartphone.

Sebelumnya di tahun 2017 lalu, sistem pencarian referensi Perpustakaan Untidar masih semi online yaitu localhost, dimana pencarian dapat dilakukan hanya di lingkungan Untidar melalui wifi Untidar. Saat ini sivitas akademika bisa mengetahui ada atau tidak buku di perpustakaan yang mereka cari dari kos atau tempat tinggal masing-masing karena sudah online. “ Sivitas akademika Untidar dapat mengakses koleksi buku perpustakaan kita melalui telepon pribadinya dirumah, atau untuk mahasiswa melalui kos secara online”, jelasnya.

Melalui laman lib.untidar.ac.id, bagian akhir laman terdapat menu cari referensi di dalamnya terdapat beberapa pilihan menu dari katalog buku, e-book, e-journal, koleksi jurnal, hingga karya ilmiah mahasiswa langsung dapat diakses informasinya secara online. Penambahan menu referensi yang didalamnya terdapat pilihan menu Repositori, berisi koleksi skripsi dan laporan kerja praktek (LPK) mahasiswa tingkat akhir serta karya dosen & tenaga kependidikan yaitu karya lokal konten. Lokal konten yang sudah tersedia berupa karya sivitas akademika seperti jurnal, artikel ilmiah, proposal program kreatifitas mahasiswa (PKM), buku ajar hingga orasi rektor.

“Dalam laman http://lib.untidar.ac.id/cari-referensi/ perpustakaan UNTIDAR sudah ada menu cari referensi yang didalamnya tersedia beberapa pilihan menu dari pencarian koleksi buku, jurnal hingga skripsi mahasiswa, masing-masing menu disesuaikan dengan kepentingan sisvitas akademika”, tambahnya.

Beberapa menu yang ada diantaranya, kalatalog buku tidak hanya dapat mencari informasi koleksi buku yang ada namun juga dapat mengetahui keadaan buku itu sedang dipinjam atau tidak dan waktu pengembaliannya. Selain itu juga melalui menu repositori tugas akhir, mahasiswa yang ingin menulis skripsi, bisa mengecek tema skripai yang pernah dipakai sebelumnya. Keuntungannya selain membantu mahasiswa mendapatkan informasi dari adanya kemudahan ini dapat menurunkan plagiarisme.

Mahasiswa bisa menngunduh langsung skripsi sebelumnya berupa jurnal skripsi, skripsi tidak diunggah keseluruhan isi namun berbentuk jurnal yang berisi intisari dari skripsi sebanyak 5-14 halaman.

Sebagai harapan dengan kemajuan ini Kepala Perpustakaan Untidar itu juga menghimbau seiring perkembangan yang terus menerus akan berlanjut semakin baiknya komunikasi anatara pengunjung dan pustakawan dalam memajukan perpustakaan.

“Apabila ada masukan kritik dan saran dari sivitas akademika untuk layanan online di perpustakaan untidardapat dikomunikasikan dengan  pustakawan supaya mahasiswa semakin cerdas mencari referensi falid bukan hoax”, katanya. (Elsiana Kurnia Sari-mg/DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here