Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-TEACHER) dan Southeast Asia Technical and Vocational Education and Training (SEA-TVET) merupakan program dari Southeast Asian Minister Education Organization (SEAMEO) bekerja sama dengan universitas di wilayah Asia Tenggara untuk memfasilitasi pertukaran mahasiswa.

Pertukaran mahasiswa ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman mengajar di egara ASEAN. Program ini rutin dilakukan oleh UNTIDAR khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mulai tahun 2018.

Awal tahun 2019 ini 4 mahasiswa dari Iloilo State of University of Science and Technology (ISATU) Filipina untuk melaksanakan praktek mengajar serta perhotelan di Magelang. Mereka adalah Danica F. Naorbe, Voline C. Echaveria, Sheila E. Calapillo, dan Lovely S. Lobreguito.

Danica F. Naorbe dan Voline C. Echaveria melaksanakan program SEA-TEACHER selama 28 hari mengajar Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 1 Kota Magelang. Sedangkan Sheila E. Calapillo dan Lovely S. Lobreguito melaksanakan program SEA-TVET  praktek di Rumah  Dharma yang berada di wilayah Borobudur.

Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc., dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Bambang Kuncoro, M.Si. menyambut langsung keempat mahasiswa asing dari Filipna tersebut, Kamis (17/01).

“Semoga keempat mahasiswi ini dapat melaksanakan magang dengan baik dan mendapat menyenangkan selama di Magelang. Selain magang mereka diharapkan belajar kebudayaan daerah Magelang”, kata Rektor.

Selama 4 pekan mereka akan tinggal bersama orang tua asuh dan didampingi mahasiswi FKIP selama melaksanakan aktifitas magangnya. Kesehariannya juga akan ditemani oleh mahasiswa FKIP untuk membantu menerjemahkan bahasa sekaligus menjadi guide selama mereka beraktifitas di Kota Magelang.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Sukarno, M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin berlangsung tiap tahunnya sehingga lebih banyak mahasiswa dari UNTIDAR juga dapat dikirim ke luar negeri. “Kegiatan ini nantinya kan berlangsung terus menerus, jadi kita tidak hanya menerima mahasiswa asing untk magang disini tetapi juga mengirimkan mahasiswa ke luar negeri,” ujar Prof. Karno. (HDN/DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here