Forum Perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Universitas Tidar melaksanakan kegiatan bertajuk “Kartini Mengabdi” (10/10/2021) di Taman Baca Kaki Mungil Sawangan Magelang. Kegiatan “Kartini Mengabdi” berupa kegiatan donasi buku dan penyampaian materi tentang etika, kesehatan reproduksi dan pendidikan seksual untuk anak-anak yang tergabung di komunitas Taman Baca Kaki Mungil Sawangan Magelang. “Terinspirasi oleh semangat R.A. Kartini, Forum Perempuan sebagai bagian dari BEM-KM UNTIDAR ingin ikut berkontribusi memajukan masyarakat, meneruskan perjuangan tokoh-tokoh terdahulu. Bukan hanya untuk mewujudkan adanya kesetaraan, namun juga mewariskan ilmu pengetahuan untuk generasi selanjutnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan wawasan dan minat baca anak-anak, menebarkan manfaat literasi, menanamkan etika moral sejak dini dan turut andil dalam upaya mengurangi kasus pelecehan seksual di kalangan anak-anak”, jelas Agredetya Nada Fairuz selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

Kegiatan “Kartini Mengabdi” dilaksanakan mulai pukul 09.30 s.d. 12.45 WIB, diikuti oleh 8 orang anggota Forum Perempuan dan 30 anak anggota komunitas Taman Baca Kaki Mungil. “Etika dan pendidikan moral adalah pelajaran yang harus ditanamkan sejak dini dalam diri seorang anak, mengingat hal tersebut akan berguna di sepanjang kehidupannya. Seiring bertambahnya usia anak, pelajaran etika pun perlu disesuaikan agar bisa tepat sasaran. Kami juga memberikan edukasi terkait kesehatan seksual dan reproduksi, karena pengenalan sejak dini mampu mencegah penyakit dan bisa menghindarkan diri dari perilaku seksual yang tidak seharusnya. Karena yang kami edukasi adalah anak-anak, kami menggunakan metode permainan (game dan lagu)”, urai Nada.

Forum Perempuan adalah bagian dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa UNTIDAR, sebagai wadah bagi mahasiswi Universitas Tidar yang aktif bergerak dalam menanggapi isu tentang perempuan. Berbagai kegiatan telah dilakukan selama ini, diantaranya diskusi bulanan yang aktif membahas isu-isu terkini serta membahas permasalahan gender dan perempuan.  Forum Perempuan juga rutin melaksanakan kegiatan nonton bareng dan bedah film, webinar, serta melakukan kegiatan pengabdian seperti berbagi takjil saat bulan Ramadhan, mengajar serta donasi buku. Selain itu Forum Perempuan juga melakukan pendampingan bagi mahasiswa UNTIDAR yang mengalami kasus pelecehan seksual. “Pelecehan seksual bisa terjadi pada siapa pun dan oleh siapa pun, tanpa memandang usia maupun gender. Baik perempuan maupun laki-laki bisa menjadi korban pelecehan seksual dalam berbagai bentuknya. Di saat yang sama, pengetahuan masyarakat mengenai pelecehan seksual masih tergolong rendah. Untuk itulah kami ingin turut berkontribusi memberikan support dan membantu memberikan solusi”, pungkas Nada.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here