Universitas Tidar melepas 220 wisudawan program sarjana dan diploma pada Wisuda Periode Oktober 2017, Sabtu (14/10). Pada wisuda ke-7 UNTIDAR pasca menyandang status sebagai perguruan tinggi negeri ini 139 wisudawan program sarjana (S1) dan 81 wisudawan program diploma (D3).

Wisudawan program sarjana meliputi 27 wisudawan prodi Ekonomi Pembangunan, 14 wisudawan prodi Ilmu Administrasi Negara, 20 wisudawan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 36 wisudawan prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 5 wisudawan prodi Agroteknologi, 14 wisudawan prodi Teknik Elektro, 14 wisudawan prodi Teknik Mesin dan 9 wisudawan Teknik Sipil. Sedangkan wisudawan program diploma terdiri dari 66 wisudawan prodi Akuntansi dan 15 wisudawan prodi Teknik Mesin/Diploma.

Rektor Universitas Tidar, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. menuturkan bahwa para wisudawan telah berdiri di tahap peningkatan potensi pada proses penyelenggaraan pendidikan. “Penyelenggaraan pendidikan di UNTIDAR mencakupi : intrakulikuler, kokurikuler dan ekstrakulikuler. Pendidikan ini dilakukan mahasiswa dengan berbagai kegiatan belajar untuk meningkatkan potensi kognisi, potensi afeksi dan potensi psikomotor. Peningkatan potensi yang tinggi pada hari ini saudara sekalian Sabtu 14 Oktober 2017 diwisuda,” ujarnya.

Rektor juga berharap kepada para wisudawan untuk tidak hanya terpaku menjadi seorang pencari kerja atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetapi bisa menjadi pelaku usaha atau wirausahawan. “Lulusan UNTIDAR diharapkan berperan dalam kehidupan, mampu berkompetisi dalam memasuki wilayah kerja serta mampu menciptakan lapangan kerja,” tambahnya.

Tak hanya itu, Rektor tidak lupa memberikan ucapan selamat kepada seluruh para wisudawan serta terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan pendidikan anaknya di kampus UNTIDAR.

Penghargaan Wisudawan Terbaik

Total wisudawan dengan predikat pujian/cumlaude pada wisuda kali ini adalah 33 wisudawan. Peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi adalah Siti Marfuah dengan IPK 3,87 dari program studi (prodi) Akuntansi program diploma (D3), Fakultas Ekonomi. Peringkat kedua, Lukman Nurul Hakim dengan IPK 3,81 dari prodi D3 Teknik, Fakultas Teknik. Peringkat ketiga, Chusnul Amaliah dengan IPK 3,69 dari prodi S1 Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan peringkat keempat adalah Vicky Setya Hermawan IPK 3,61 dari prodi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik.

Wisudawan dengan pujian mendapatkan penghargaan dari universitas sekaligus Bank Jateng dan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Kota Magelang. Selain itu, terbaik tingkat universitas baik program diploma maupun sarjana peringkat pertama dan kedua mendapatkan penghargaan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Universitas Tidar juga memberikan penghargaan kepada 11 wisudawan wirausahaan yang telah mulai merintis usaha ketika dibangku kuliah. Penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi universitas kepada mahasiswa yang berani memulai usahanya serta dapat menjadi bekal untuk memajukan usahanya di kemudian hari.

Peningkatan Kualitas UNTIDAR

Jumlah wisudawan UNTIDAR tiap periode terus mengalami peningkatan. Wisuda periode April 2017 lalu hanya meluluskan 106 wisudawan sedangkan pada periode Oktober ini meningkat 114 wisuda menjadi 220 wisudawan.

Peningkatan ini berbanding lurus dengan jumlah mahasiswa UNTIDAR yang terus bertambah tiap tahunnya. Menurut data Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNTIDAR tahun 2017, total pendaftar 11.142 orang dan hanya 14%nya saja yaitu sejumhlah 1590 orang yang akhirnya diterima dan melanjutkan studinya di kampus ini.

Pada tahun 2017 ini, jumlah program studi juga meningkat dari 10 prodi menjadi 17 prodi. Rincian prodi tersebut adalah 14 prodi sarjana (Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Manajemen, Agroteknologi, Peternakan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPA, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Administrasi Negara, Hukum dan Ilmu Komunikasi), 2 prodi diploma (Akuntansi dan Teknik Mesin) serta 1 prodi magister yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia.

Berbagai peningkatan ini merupakan bukti keseriusan UNTIDAR berproses menjadi perguruan tinggi negeri yang patut dipertimbangkan untuk melanjutkan studi. Berbagai aspek terus ditingkatkan mengacu pada visi universitas tidar yaitu universitas berbasis riset dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kewirausahaan. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here