Setelah menggelar sosialisasi kepada para guru Bimbingan Konseling (BK) SMA sederajat di wilayah Eks Kedu, Cilacap, Salatiga dan Kartasura, tim sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kembali menyelenggarakan acara serupa di Salatiga, Rabu (21/02).

Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 kembali diselenggarakan pada acara Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se-Jawa Tengah.

“Kami berharap Kepala Sekolah dan guru-guru terus mendampingi siswa dalam masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2018. Tidak hanya siswa namun, harapannya guru-guru juga paham alur dan ketentuan pendaftaran sehingga dapat memberikan arahan kepada siswa,” tutur Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.

Sunarto, S.Pd., M.Pd., Ketua MKKS SMA Jawa Tengah sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini terlebih Rektor UNTIDAR sendiri ikut hadir dan berbagi informasi langsung dengan para kepala sekolah. “Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2018 mungkin juga sudah disosialisasikan di sekolah-sekolah di Jawa Tengah namun sosialisasi UNTIDAR ini sedikit berbeda. Para peserta yang terdiri dari 105 Kepala Sekolah SMA se-Jawa Tengah dapat sharing langsung tentang permasalahan yang ada baik dengan tim dari UNTIDAR maupun dengan kepala sekolah lainnya,” ujarnya.

Pendaftaran SNMPTN oleh siswa dimulai 21 Februari – 6 Maret 2018 di laman https://web.snmptn.ac.id/. SNMPTN merupakan jalur masuk PTN menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.

Ketua dan Wakil PMB UNTIDAR, Nuwun Priyono, S.E., Akt., M.Ak., CA. dan Drr. Farikah, M.Pd. selain memaparkan materi SNMPTN dan SBMPTN 2018 juga berbagi informasi tentang program studi serta program PMDK dan SMM UNTIDAR. “Untuk jalur SNMPTN ini UNTIDAR membuka pendaftaran 17 program studi S1. Ada 3 program studi baru yaitu Akuakultur, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika,” jelas Ketua PMB.

Info seputar PMB UNTIDAR 2018 dapat diakses lewat laman um.untidar.ac.id atau hotline PMB di nomor 085290963266.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here