Menjelang penyelenggaraan wisuda, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kewirausahaan dan Pembangunan Perdesaan Universitas Tidar menyelenggarakan acara orientasi kewirausahaan bagi 220 calon wisudawan-wisudawati periode Oktober 2017, Kamis (12/10).

drh. Berlianagara Arrestiarsi Husodo, pemilik PT. Jogja Farm menuturkan bahwa pemahaman literature itu penting bagi keberhasilan sebuah usaha. “Yang terpenting dalam memulai usaha adalah memiliki sumber informasi utama atau literatur yang sesuai dan mendukung usaha yang kita tekuni. Baik dari buku, artikel, website dan media lainnya,” katanya.

Jogja Farm adalah perusahaan yang bergelut di bidang agribisnis, peternakan dan kesehatan hewan yang berada di Yogyakarta. Fokus utamanya adalah pengembangan ternak ayam kampung serta menyediakan bibit ayam kampung/doc ayam kampung asli dan super, Ayam Kampung Arab petelur, Telur tetas ayam kampung asli Grade A, Telur Tetas ayam kampung super, Ayam Kampung Konsumsi ukuran 0,8-1kg., DOD itik,DOQ puyuh dan semua produk BURAS.

Kepala UPT KWU, Drs. Sri Bondan, M.Si. dalam sambutannya menuturkan agar calon wisudawan tergerak berwirausaha dan dapat  bermitra bagi kampus. Selain itu untuk melanjutkan kehidupan setelah lulus tidak hanya terpaku pada ijazah yang didapatkan namun juga dapat dengan berwirausaha dan melihat dunia secara luas.

“Meraih cita-cita tidak melulu terpaku dari ijazah. Namun ijazah adalah bukti dari ketrampilan atau ilmu yang kita tekuni. Cobalah melihat kesempatan secara luas, berwirausaha misalnya,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa berwirausaha merupakan belajar tanpa mengundang narasumber berpengalaman untuk memberikan materi karena dapat langsung namun belajar mandiri dengan situasi dan kondisi langsung. “Diawali dengan minat dahulu, cobalah untuk berwirausaha tanpa menunggu lowongan dan dapat memulai usaha dirumah sendiri,” tambahnya.

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembekalan kewirausahawan kepada calon wisudawan-wisudawati yang selama ini hanya mendapat materi dalam mata kuliah dengan mendengar dan berbagi ilmu langsung dari pelaku usaha yang telah sukses. Pembekalan ini diharapkan dapat menjadi bekal wisudawan-wisudawati tidak hanya dapat mencari pekerjaan dalam perusahaan tetapi dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan wirausaha.

“Tranformasi pengetahuan anda, lulusan UNTIDAR tidak boleh menjadi pengganggur intelektual, maka itu ada mata kuliah kewirausahaan, mahasiswa dapat mengetahui dasar-dasar cara berwirausaha,” jelas Rektor, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.

Dihadapan calon wisudawan beliau menuturkan agar dapat berani mencoba dalam wirausaha. “Yang belum mencoba wirausaha, tumbuhkanlah jiwa wirausaha dengan dimulai menganalisis kondisi pasar apa yang perlu dimunculkan dan yang sudah lanjutkan usaha kalian dan kembangkanlah,” tambahnya. (HDN/DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here