Sebanyak 32 anggota senat Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur melakukan kunjungan studi banding perihal pengelolaan akademik serta tata cara pemilihan rektor di Universitas Tidar, Senin (12/02).

“Suatu kehormatan bagi UNTIDAR dikunjungi oleh para anggota senat UPN Veteran Jawa Timur. Sharing mengenai sistem akademik yang sedang kami kembangkan serta proses pemilihan rektor yang sedang berlangsung saat ini sangat menarik di diskusikan bersama,” kata Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.

Saat ini, UNTIDAR tengah mengembangkan beberapa sistem akademik salah satunya adalah Simokul (Sistem Minitoring Perkuliahan). Sistem ini bertujuan memonitoring jalannya perkuliahan mulai dari absensi, kelas, jadwal mengajar, rekap dosen hingga materi perkuliahan. Dosen wajib mengakses Simokul untuk ‘membuka’ kelas lewat laman simokul.untidar.ac.id dengan memasukkan password dan username dosen masing-masing, melakukan absensi, memastikan materi perkuliahan yang sudah diinput sebelumnya. Kelas ‘ditutup’ dengan proses validasi perkuliahan dengan menginput 2 username dan password mahasiswa yang menghadiri perkuliahan saat itu.

Sebagai perguruan tinggi negeri baru (PTNB), penegerian UNTIDAR dan UPN Veteran Jawa Timur hanya berselang beberapa bulan saja. Jika UNTIDAR menyandang status sebagai pergururan tinggi negeri pada bulan April 2014, UPN Veteran Jawa Timur pada bulan Oktober 2014.

“Peraturan mengenai pilrek tentunya harus mengacu pada permenristek. Serta panitia pilrek harus selalu melaporkan tahapan demi tahapan yang telah dilalui kepada pihak kementerian dan berkonsultasi dengan biro hukum kementerian,” ujar Ketua Panitia Pilrek, Dr. Bambang Kuncoro, M.Si.

Saat ini proses PIlrek UNTIDAR telah memasuki tahap pendaftaran calon rektor dan akan memasuki tahap seleksi administrasi oleh senat dan selanjutnya akan ditetapkan daftar bakal calon resmi Rektor UNTIDAR Periode 2018-2022 yang direncanakan pada Jumat, 16 Februari 2018 mendatang.

 

 “Kesimpulan diskusi pada hari ini yang pertama adalah pelaksanaan Pilrek yang lancar, aman dan nyaman. Serta bagaimana mengelola Tri Dharma pendidikan perguruan tinggi sehingga menghasilkan anak-anak didik yang mumpuni serta calon pemimpin bangsa yang amanah,” tutur Rektor UPN Veteran Jatim, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto MP.

Pada kesempatan ini, Kepala UPT Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK), Sigit Joko Purnomo, S.T., M.T. juga memperesentasikan mengenai sistem baru pada laman www.data.untidar.ac.id. “Sistem ini masih belum di launching sebenarnya karena masih dalam tahap pengembangan. Tujuannya sistem ini dapat menjadi sumber data akademik, kemahasiswaan dan keuangan serta akreditasi perguruan tinggi yang mampu terintegrasi dengan baik,” jelasnya. (DN/HDN)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here