Dosen Fakultas Pertanian program studi Akuakultur Universitar Tidar (UNTIDAR) memberikan pelatihan pembuatan aquascape bagi warga SMA N 5 Kota Magelang. Baruna Kusuma, Wida Salupi, dan Marlina Puspita Sari bersama melakukan pelatihan yang dilaksanakan sejak bulan Juli lalu sebagai  implementasi dari  program pengabdian dosen.

Pengabdian yang berjudul “Pengembangan Aquascape untuk Menumbuhkan Kesadaran Menjaga Lingkungan  serta Meningkatkan Semangat Belajar Siswa” itu bertujuan untuk membina siswa-siswi SMA Negeri 5. Adanya pelatihan pembuatan aquascape dan minigarden juga bertujuan mendidik siswa untuk menjaga lingkungan sekolah dan meningkatkan semangat belajar melalui program Adiwiyata.

Awalnya, program ini dianggap kurang menarik bagi siswa SMA N 5 Magelang. Namun setelah adanya pengenalan lebih terhadap aquascape, program ini mampu menarik siswa untuk ikut serta dalam program tersebut.

Pelatihan dilakukan dengan mengenalkan pembuatan aquascape di depan siswa, pengenalan itu membuat siswa banyak yang tertarik. Bentuk ketertarikan ini bisa dilihat dari dimasukkannya aquascape dalam ekstrakurikuler sekolah. Tiap hari Kamis siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler ini akan memperoleh pelatihan. “Awalnya program ini mendapat respon kurang positif dari siswa, tetapi setelah saya tunjukan video pembuatan aquascape dan model-modelnya, antusiasme mereka terhadap pelatihan ini menjadi lebih meningkat hingga muncul dalam kegiatan ekstrakulikuler sekolah”, kata Baruna Kusuma

Ketua Penelitian itu juga menjelaskan terpilihnya SMA N 5 Magelang sebagai mitra karena sekolah tersebut sudah pernah memperoleh gelar sekolah Adiwiyata. Adiwiyata ini merupakan sekolah yang bersih, banyak pohon membuat lingkungan terlihat indah dan membuat nyaman situasi belajar mengajar. “Saya memilih SMA N 5 Magelang sebagai tempat pelatihan karena sebelumnya sudah pernah menjuarai sekolah Adiwiyata”, jelasnya.

Ia juga menambahkan dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu mengantarkan SMA N 5 meraih gelar Adiwiyata kembali. “ Meskipun pembangunan di dalam sekolah sedang berlangsung namun dirapkan adanya pelatihan ini dapat mewujudkan keinganan sekolah uintuk meraih gelar itu kembali”, tambahnya.

Pelatihan aquascape ini tidak hanya melibatkan siswa SMA N 5 Magelang, tetapi juga guru-guru di sekolah tersebut. Bagi siswa, mereka akan dilatih untuk mendesain dan membuat aquascape yang hasilnya akan dipasang di sudut-sudut sekolah. Sedangkan pelibatan guru bisa dilihat dari adanya pembagian tugas untuk merawat aquascape buatan siswa. (Anis Khusniyati-MG/DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here