Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UNTIDAR Raih 2 Gelar Juara dalam Kompetisi “Komunikasi Fiesta” 2023

Tim Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tidar berhasil meraih dua prestasi dalam kompetisi mahasiswa Ilmu Komunikasi tingkat nasional “Komunikasi Fiesta” yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala di Surabaya, 17-18 Maret 2023. Mahasiswa tersebut adalah Dilvia Anastha, Nova Nur Afifah, dan Maria Indah Freshintia yang tergabung dalam tim “Tidar Squad” berhasil meraih juara II dalam mata lomba Public Relations Competition. Adapun tim “Expedisi” yang terdiri dari Tri Yuliningsih dan Muhammad Pramuja berhasil meraih juara II dalam mata lomba Advertising Competition.

Ajang “Komunikasi Fiesta” merupakan kompetisi tahunan bertaraf nasional yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPMF) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Komunikasi Fiesta tahun 2023 ini mengangkat tema “The Magnificent Of Culture and Nature In Indonesia”. Kompetisi terbagi menjadi 5 mata lomba yaitu Short Movie Competition, News Anchor Competition, Public Relations Competition, Advertising Competition, dan Journalism Competition. Kompetisi ini terdiri dari 2 babak yakni babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan, setiap tim diharuskan untuk dapat membuat proposal kreatif untuk memecahkan permasalahan sesuai dengan brief case dari panitia. Sedangkan babak final, setiap tim harus mempresentasikan proposal kreatif mereka.

Proposal kreatif dari tim “Tidar Squad” yang mengusung program Corporate Social Responsibility untuk pengurangan fashion waste pada perusahaan tekstil internasional, berhasil melaju ke babak final. Dalam babak final, finalis mempresentasikan proposal kreatifnya secara daring di hadapan para juri yang berasal dari profesional. Berdasarkan hasil penilaian juri, tim “Tidar Squad” berhasil menempati juara II dengan menyisihkan saingannya yang berasal dari UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Telkom Jakarta, dan Universitas Ciputra Surabaya.

Adapun dalam mata lomba Advertising Competition, tim “Expedisi” berhasil melaju ke babak final dengan membuat proposal kreatif Iklan Layanan Masyarakat yang bertajuk “Ojo Nglali” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda agar tergerak untuk melestarikan budaya Jawa. Pada babak final, tim “Expedisi” ditantang merealisasikan ide dalam proposal kreatif menjadi iklan hanya dalam waktu 7 hari dan ditayangkan di Instagram Reels. Pada babak final, tim “Expedisi” berhasil menempati juara II dengan mengalahkan Universitas Tarumanegara Jakarta dan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Eny Ratnasari, M.I.Kom, dosen pembimbing tim delegasi dari Program Studi Ilmu Komunikasi menyatakan, “Para delegasi merasa sangat terkesan dengan pengalaman yang mereka dapatkan selama mengikuti lomba. Setelah sebelumnya beberapa kompetisi hanya dapat diikuti secara daring, pada tahun 2023 ini seluruh kompetisi bergengsi mahasiswa Ilmu Komunikasi dilaksanakan secara luring sehingga mahasiswa dapat merasakan iklim kompetisi. Kami juga berterima kasih atas dukungan seluruh pihak yang mendukung tim delegasi ini hingga para delegasi dapat mengibarkan bendera UNTIDAR dalam kancah kompetisi nasional,” terangnya.

Kontributor : Eny Ratnasari, M.I.Kom.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply