Sebanyak 1372 peserta mengikuti ujian Seleksi Mandiri Universitas Tidar (SM UNTIDAR) pada Sabtu (08/07). Dari total pendaftar sebanyak 1467 peserta, 95 peserta tidak hadir dan dianggap gugur. Peserta ujian terdiri dari 971 peserta kelompok ujian Soshum dan 401 peserta kelompok ujian Saintek. Ujian kelompok Soshum dilaksanakan di SMP N 5, SMP N 2 dan Kampus UNTIDAR. Sedangkan kelompok Saintek dilaksanakan di kampus UNTIDAR.

Ujian berlangsung di 3 lokasi yaitu kampus UNTIDAR, SMP N 5 dan SMP N 2 Magelang. Ketua SM UNTIDAR 2017, Dr. Farikah, M.Pd menuturkan bahwa pelaksanaan ujian berjalan lancar. “Dari awal masuk ruang ujian pada pukul 07.30 Wib sampai berakhirnya ujian tahap 2 pukul 11.30 Wib tidak ada laporan perjokian atau hal lain yang mengganggu pelaksanaan ujian. Hanya beberapa mahasiswa yang terlambat pada saat pembacaan tata tertib ujian tetapi masih bisa mengikuti proses ujiannya,” tuturnya.

Ujian SM UNTIDAR dilaksanakan secara tertulis. Peserta hanya diperbolehkan membawa alat tulis seperti pensil, bolpoint, rautan dan penghapus, kartu ujian, Surat Keterangan Lulus (SKL) serta identitas diri. Tas, alas ujian dan peralatan lain diletakkan didepan kelas lokasi ujian masing-masing.

Monev pelaksanaan ujian Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd dan Ketua SM UNTIDAR 2017 di kampus UNTIDAR.

Pihak keamanan juga memastikan orang tua, wali atau kerabat yang mengantarkan peserta ujian tidak menunggu di depan atau sekitar lokasi ujian untuk menghindari praktek joki dan sebagainya. Pengawas ujian pun sudah dihimbau untuk profesional dalam mengawasi jalannya ujian denganmenghindari bermain handphone serta mengobrol dengan pengawas lainnya.

Salah satu peserta ujian sedang mengisi data diri pada lembar LJK sebelum diperbolehkan mengerjakan soal oleh pengawas ujian masing-masing.

Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. menuturkan bahwa SM UNTIDAR 2017 merupakan jalur seleksi penerimaan program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) yang terakhir dilaksanakan pihak kampus. “Sesuai dengan prosentase kuota penerimaan yang telah ditetapkan, kuota penerimaan SM UNTIDAR sebanyak 30% dari keseluruhan jumlah penerimaan tahun 2017,” jelasnya.

                            Pengawas ujian membagikan soal satu persatu ke meja peserta.

Hasil SM UNTIDAR akan diumumkan pada 17 Juli 2017 lewat laman untidar.ac.id. Selain pengumuman melalui laman ini peserta SM UNTIDAR diharapkan tidak mempercayainya terlebih bagi pihak-piha yang kurang bertanggung jawab yang menawarkan berbagai bentuk bantuan agar bisa lolos masuk ke UNTIDAR lewat jalur ini. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here