Ratusan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) membersihkan masjid di sekitar kampus UNTIDAR, Kamis (25/05) dalam rangka menyambut Buloan Ramadhan. Kegiatan bakti sosial ini diikuti kurang lebih 125 mahasiswa yang sebagian besar adalah mahasiswa semester 2. “Beberapa mahasiswa membawa alat kebersihan dari rumah. Kami menyapu, mengepel, membersihkan tempat wudhu hingga menjemur karpet alas sholat,” kata Wahyu Adi Pratama, Koordinator Lapangan untuk lokasi Masjid Shalahuddin Al Ayyubi, Potrobangsan.

Lokasi kegiatan bakti sosial HMTS ini terdiri dari 8 masjid yaitu Masid Ina’in Al Hidayah Dumpoh, Masjid Ukhuwah Islamiyah Badakan, Masjid At Taqwa Kebondalem, Masjid Al Hidayah Potrobangsan, Masjid Nurul Huda Potrobangsan, Mushola At Taqwa Tuguran dan Masjid Shalahuddin Al Ayyubi Potrobangsan.

Beberapa mahasiswa sedang membersihkan tempat wudhu di Masjid Al Hidayah Potrobangsan.
Beberapa mahasiswa sedang membersihkan tempat wudhu di Masjid Al Hidayah Potrobangsan.

“Ada 10-15 anak tiap lokasinya. Respon masyarakat positif bahkan para takmir beberapa masjid juga ikut membersihkan masjid bersama. Kami harap, program ini bisa dilaksanakan tahun depan bahkan untuk tahun-tahun selanjutnya,” tambah Wahyu.

Kegiatan dimulai mulai 07.00 Wib dimana seluruh peserta berkumpul dan melakukan briefing termasuk pembagian tim untuk masing-masing lokasi masjid. Selanjutnya tim beserta koordinator lapangan berangkat menuju lokasi yang ditentukan dengan berjalan kaki. Bersih-bersih masjid HMTS ini berakhir pukul 12.00 Wib dan seluruh peserta kembali ke kampus.

Wardoyo, Ketua RW V Potrobangsan sekaligus Takmir Masjid Shalahuddin Al Ayyubi menyambut baik kegiatan mahasiswa ini. “Terima kasih atas bantuan teman-teman mahasiswa, kegiatan ‘terjun langsung’ ke masyarakat seperti ini kami harap dapat ditingkatkan lagi. Kegiatan ini juga berguna untuk pengenalan kampus UNTIDAR ke masyarakat sekitar,” tandasnya. (DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here