Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diumumkan serentak pada Selasa (13/06) dan ditetapkan sebanyak 651 peserta diterima melanjutkan pendidikan di Universitas Tidar (UNTIDAR). “Total pendaftar ke UNTIDAR tahun 2017 ini mencapai 6914 peserta dan yang akhirnya diterima hanya sekitar 10%-nya yaitu 651 peserta. Tiap tahun kita mengalami peningkatan pendaftar sekaligus peningkatan ketetatan atau persaingan untuk masuk ke kampus ini,” tutur Rektor, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.

Tahun 2016 lalu pendaftar ke UNTIDAR sejumlah 4803 peserta sedangkan yang lolos SBMPTN 375 peserta. Peningkatan pendaftar merupakan prestasi yang membanggakan, walaupun baru berusia 3 tahun menjadi perguruan tinggi negeri, pendaftar ke UNTIDAR meningkat 43% dalam 1 tahun terakhir.

Menurut Rektor UNTIDAR, kuota penerimaan mahasiswa jalur SBMPTN tetap mematuhi peraturan panitia pusat dengan perbandingan 35% SNMPTN, 35% SBMPTN dan 30% untuk Seleksi Mandiri (SM). “Jumlah peserta lolos SNMPTN sejumlah 506 peserta harusnya setara dengan jumlah kuota untuk SBMPTN. Namun karena ada penambahan kuota penerimaan dari 1440 menjadi 1595 orang jadi jumlah lolos SBMPTN lebih banyak,” tambahnya.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi SBMPTN selanjutnya diwajibkan melakukan pengisian borang sosial ekonomi pada 15-24 Juni 2017 pada laman www.ukt.untidar.ac.id Borang tersebut berisi data-data pribadi masing-masing peserta terutama penghasilan orang tua, keadaan ekonomi serta keterangan lain yang nantinya menentukan besaran nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Calon mahasiswa juga harus melakukan beberapa ketentuan lain seperti melakukan pembayaran UKT semester 1 pada Bank yang telah ditentukan, registrasi online pada laman www.registrasi.untidar.ac.id serta melakukan registrasi (datar ulang) langsung tanpa diwakilkan pada 10-11 Juli 2017. Ketentuan-ketentuan ini dapat diakses pada laman www.untidar.ac.id.

“Calon mahasiswa diharapkan memperhatikan persyaratan dan teliti saat pengisian borang atau ketentuan lainnya. Terkadang karena bersemangat mereka kurang teliti dan akibatnya merugikan mahasiswa itu sendiri,” jelas Nuwun Priyono, S.E., Akt., M.Ak., Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNTIDAR. (HDN/DN)

35 COMMENTS

    • Mohon pengisian data sosial ekonomi disesuaikan dengan Hari, Tanggal dan waktu sesuai dengan pengumuman yang sudah ada. terima kasih.

  1. saya sudah coba masuk dengan nomor SBMPTN tapi notifikasinya (Tidak Ada Jadwal Pengisian UKT SBMPTN NO PENDAFTARAN DAN PIN TIDAK BENAR). Padahal yang saya masukkan adalah Nomor dan KAP yang benar.

  2. Itu jadwalnya tanggal 15-24 juni 2017 untuk pengisian ukt , tp sekarang kok masih belum bisa di buka

  3. Maaf mau tanya.. pengisian data pribadi kok gak bisa disimpan ya.. padahal datanya sudah benar.. saya coba ulangi tapi tetep gak bisa.. gimana ya..

    • sudah dicek KAP dan nomor pendaftaran benar?? diusahakan log in melalui PC dengan aplikasi Chrome di ukt.untidar.ac.id

    • Tolong dipastikan Nomor SBMPTN dan KAP sudah benar. Buka dengan PC dengan aplikasi Chrome di ukt.untidar.ac.id

  4. min info tentang penetapan biaya ukt diberitahukan Kapan ya.. setelah ngisi biodata tulisannya ukt anda belum ditentukan..
    terimakasih..

      • gak ada min, penetapan biaya ukt nya berapa.. tulisannya belum ditentukan
        di pengumuman juga pembayaran ukt 9-13 agustus tahunnya malah 2016 min

        • Kalau tidak salah sudah dijelaskan di poin ke-2 “calon mahasiswa dapat melihat besaran UKT pada 3 Juli 2017”

  5. min tadi saya udah ngisi sampai borang nomer 8 tapi kok kembali ke borang nomer 1 ya? kosong pula. kok nggak bisa lanjut ke nomer 9, ini gmn solusinya? terimakasih

  6. kemaren login isi sampe borang 8, borang 9 belum diunggah. trus ini langsung munculnya borang 9, takutnya keloncatan borangnya. ngga bisa di back ke borang sebelumnya?

    • semua data yang diinput tidak bisa dirubah. dilanjut saja. besok direvisi saat daftar ulang di kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here