UPT PKPP UNTIDAR Inisiasi Pencanangan Desa Kwadungan Gunung Menuju Desa Mandiri/Berdikari

0
67

UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Pembangunan Perdesaan (UPT PKPP) mendapatkan amanah dari Rektor UNTIDAR untuk memberikan perhatian kepada masyarakat sekitar Kledung (desa Kwadungan Gunung), dimana di wilayah tersebut terdapat tanah UNTIDAR, hibah dari Bupati Temanggung. UPT PKPP diharapkan bisa menghidupkan wilayah sekitar Kledung melalui kegiatan ekonomi dan sosial serta pengembangan dan peningkatan SDM. Tim UPT PKPP merancang program pendampingan agar Desa Kwadungan bisa mandiri/ berdikari dengan cara mengkolaborasikan potensi sumber daya manusia dan alam, serta potensi sentra usaha yang sudah berjalan, dengan dinas terkait.

Senin (3/9) UPT PKPP melaksanakan kegiatan Inisiasi Pencanangan Desa Kwadungan Gunung Menuju Desa Mandiri/ berdikari. Kegiatan diisi dengan diskusi bersama tokoh dari organisasi yang ada (Bumdes, Karang Taruna, PKMD, dst), rencana pembuatan Pokdarwis dan AD/ART Bumdes, perencanaan program pengembangan desa sesuai IDM dan peninjauan tanah yang dihibahkan ke UNTIDAR. Lurah Desa Kwadungan Gunung sangat mendukung upaya pengembangan dan pengintegrasian potensi desa (kesenian, wisata, sumber daya alam) demi kemajuan dan  kesejahteraan warga desa.  Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dra. Gema Artisti W, M.M. menyampaikan bahwa Desa Kwadungan Gunung ini masuk pada kriteria desa yang berkembang dengan skor capaian 0,6. Sedangkan untuk menuju Desa Mandiri harus mencapai skor IDM 0,8. “Diharapkan kedepan pendampingan UNTIDAR bisa mendukung tercapainya skor. Adanya pembukaan Agro Techno Park UNTIDAR secara otomatis juga akan meningkatkan aspek aspek terkait perekonomian. Kami berharap niatan baik dari UPT PKPP ini bisa diimbangi dengan peranan pemerintah desa Kwadungan Gunung”, jelasnya.

 Inisiasi Pencanangan Desa Kwadungan Gunung Menuju Desa Mandiri/ berdikari yang diadakan oleh UPT PKPP ini menghadirkan narasumber Novanda Alim Setya N, S.S, M.Hum, Founder Desa Berdikari Kabupaten Kebumen. “Desa Mandiri adalah desa yang memiliki 3 aspek ketahanan, yaitu Ketahanan Sosial, Ketahanan Ekonomi dan Ketahanan Ekologi”, jelas Novanda. “Pendampingan dari UPT PKPP yang memiliki tim dosen tentunya mempercepat langkah Desa Kwadungan Gunung menuju Desa Mandiri. Dengan status tersebut, bantuan dari pemerintah bisa lebih cepat didapatkan. Birokrasi yang seharusnya melewati 3 tahap, dengan menyandang status Desa Mandiri bisa melalui 2 tahap saja. Pokdarwis juga menjadi hal yang mutlak harus ada. Dengan Kelompok Sadar Wisata, sektor wisata punya wadah yang jelas, sehingga lebih mudah untuk dikembangkan”, tambahnya.

Dra. Lucia Rita Indrawati, M,Si., Ketua UPT PKPP UNTIDAR menyampaikan, dengan adanya pendampingan diharapkan bisa menggerakkan warga masyarakat untuk menuju desa yang mandiri dan berdaya saing. “Kami juga mengedukasi warga masyarakat agar mau mengembangkan diri dengan peningkatan kapasitas. Selain itu UPT PKPP berupaya mengintegrasikan potensi yang ada bagi kesejahteraan masyarakat desa Kwadungan Gunung”, jelasnya.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here