Universitas Tidar bekerjasama dengan Polres Magelang Kota menggelar vaksinasi massal kepada 3000 mahasiswa UNTIDAR dan masyarakat umum, Rabu dan Kamis (22-23/09). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Kuliah Umum dr. H. Suparsono, UNTIDAR dimulai pukul 07.00 – 13.00 WIB. Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Bangkit, Sinergitas BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) dan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Mengangkat tajuk Vaksinasi Merdeka Serentak, kegiatan ini dilaksanakan di 96 titik di seluruh Indonesia. Salah satu titiknya adalah di Universitas Tidar.

Acara ini dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara daring. Tampak hadir di lokasi, Walikota Magelang, dr H. Muhammad Nur Aziz, Sp.PD, ketua Kejaksaan Negeri Kota Magelang, Siti Aisyah, S.H., M.H., dan Kapolres Magelang Kota, AKBP Asep Mauludin S.I.K., M.H., didampingi Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Mukh Arifin, M.Sc.

Pada pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal ini, Dikerahkan sekitar 50 tenaga kesehatan dari RSU Magelang, Rumah Sakit Budi Rahayu, Klinik Indonesia, dan Dokkes Polres Magelang. Tenaga Kesehatan ditugaskan untuk melakukan tensi, screening, dan pemberian vaksin. Sedangkan untuk bagian pendaftaran dan pengaturan peserta vaksin dibantu oleh 100 tenaga pendukung/panitia dari BEM KM UNTIDAR.

Dalam kesempatan ini, Mukh Arifin mengungkapkan kepuasannya atas kinerja panitia. “Terima kasih kepada Polres Magelang Kota serta BEM KM UNTIDAR yang telah berkolaborasi mewujudkan program vaksinasi ini dalam rangka percepatan herd immunity,” kata Mukh Arifin.

Di kesempatan yang sama, Asep Mauludin menyampaikan apresiasi kepada peserta vaksin. “Kami mengapresiasi tingginya semangat untuk mengikuti vaksin dari mahasiswa UNTIDAR dan masyarakat umum. BEM KM UNTIDAR juga sangat membantu, mulai dari koordinasi awal hingga pelaksanaan pada hari ini.” tuturnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Kartiko Budiyono menjelaskan bahwa Pengumuman pendaftaran vaksinasi mulai dipublikasikan mulai 19 September 2021 melalui media sosial resmi UNTIDAR maupun BEM KM UNTIDAR. Informasi juga disebar melalui WA Group dan partner media lokal. “Antusiasme mahasiswa UNTIDAR serta masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan vaksin. Terbukti kuota 3000 dosis vaksin terpenuhi”, tambahnya.

Jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac. Untuk mencegah kerumuman, vaksinasi dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 22 dan 23 September 2021. Pembagian jumlah peserta, alur serta teknis pelaksanaan vaksinasi telah diatur oleh Polres Magelang Kota. Pelaksanaan vaksin akan kembali dilasksanakan 28 hari kedepan. Pemberian vaksin lanjutan ini akan diinformasikan kepada peserta vaksinasi via grup telegram yang dikelola oleh BEM KM UNTIDAR.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum (Humas UNTIDAR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here