Universitas Tidar menyelenggarakan acara Sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Tahun 2021 secara daring, Kamis (11/02). Acara ini melibatkan Kepala Sekolah, Guru BK dan Operatos PDSS dari SMA/SMK/MA sederajat khusunya di wilayah Karesidenan Kedu.

“UNTIDAR membuka 3 jalur pendaftaran yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Daya tampung tahun ini sejumlah 3225 mahasiswa, jumlah ini naik 15,8 % dari tahun sebelumnya yaitu 2535 mahasiswa,” jelas Rektor UNTIDAR.

Beliau juga mengingatkan kepada seluruh peserta untuk memahami persyaratan tiap jalur penerimaan sehingga tidak salah langkah.

“Bapak Ibu Guru dan para siswa semua, siswa yang telah dinyatakan lolos SNMPTN Tahun 2021 akan ditolak mendaftar SBMPTN Tahun 2021 dan 2 tahun setelahnya. Sehingga, sebelum terlambat pastikan yang mendaftar SNMPTN sudah mantap dengan jurusan dan PTNnya,” tambahnya.

Narasumber dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yaitu Prof.Dr.Ir.Budi Prasetyo Widyobroto memaparkan secara rinci perihal Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2021.

“Secara teknis pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021 masih sama dengan tahun lalu, dimana sekolah dan siswa wajib memiliki akun Single Sign On  LTMPT sebelum melakukan proses pendaftaran,” ujar Prof. Budi, Ketua Eksekutif LTMPT.

Informasi pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN dapat diakses pada laman https://ltmpt.ac.id dan media sosial resmi LTMPT. Pastikan sumber informasi valid sehingga guru dan siswa mendapatkan informasi yang benar.

LTMPT menyediakan layanan Call Center dan Halo LTMPT sebagai sarana informasi ketika siswa atau guru mengalami kendala pada proses pendaftaran SNMPTN atau SBMPTN.

“Kami sampaikan KIP-K bukan ranah LTMPT. Informasi terkait KIP-K dapat diperoleh dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan atau bisa langsung mengakses laman resmi KIP-K. Jadi jangan salah jalur, menanyakan perihal KIP-K ke LTMPT.,” pungkasnya.

Sesi selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si. menyampaikan informasi seputar Seleksi Mandiri UNTIDAR.

“UNTIDAR memiliki 20 program studi, terdiri dari 2 program studi D3, 17 program studi S1, dan 1 Program Studi Magister. Untuk Tahun 2021, kuota penerimaan mahasiswa UNTIDAR sebagai berikut: SNMPTN 20%, UTBK-SMPTN 50%, dan Seleksi Mandiri 30%. Jalur Seleksi Mandiri terdiri dari 2 jalur yaitu Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) dan Seleksi Mandiri Ujian Tulis (SMUT),” paparnya.

Informasi resmi terkait penerimaan mahasiswa baru UNTIDAR dapat diperoleh di laman http://um.untidar.ac.id

Wakil Rektor Bidang Akademik juga memberikan informasi bahwa bagi siswa yang merupakan Hafidz Quran atau memiliki prestasi Internasional akan diberikan kesempatan khusus masuk UNTIDAR.

Sosialisasi SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Universitas Tidar Tahun 2021 dapat dilihat pada KLIK DISINI

Ratnasari – SMK N Pringsurat (PKL UNTIDAR)

Editor : Tim Humas UNTIDAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here