UKAI Ar-Ribath  merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Tidar yang mewadahi mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk berkarya dan belajar tentang Islam. Dalam rangka mewujudkan misi untuk menanamkan nilai moral dan karakter yang sesuai dengan ajaran Islam dan sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia UKAI Ar-Ribath menyelenggarakan UNTIDAR Islamic Fair (UIF) dengan tema “Be The Best Muslim Generation During And After The Pandemic”. Tema ini diangkat dengan harapan agar umat muslim dapat menjalani kehidupan yang lebih baik di saat dan sesudah pandemi.

Meskipun masih dalam kondisi pandemi, UIF tetap diselenggarakan dengan tetap memenuhi protokol kesehatan yang disyaratkan. Beberapa kegiatan dilaksanakan secara online, sebagian lagi diselenggarakan secara offline dan hybrid. Diharapkan melalui UIF, mahasiswa dapat mengembangkan softskill seperti manajemen waktu, sikap sosial, dan kemampuan mengoordinasikan kegiatan. Kemampuan-kemampuan tersebut dapat diasah dengan menyesuaikan keadaan saat ini, yang menuntut keahlian penggunaan teknologi dan bagaimana berinteraksi secara virtual. Dengan adanya kemampuan baru ini membuat mahasiswa lebih bisa beradaptasi dengan situasi yang ada, serta lebih siap dalam menghadapi kehidupan setelah pandemi. Serangkaian kegiatan yang diselenggarakan yaitu Grand Opening UIF 2021 (9 Oktober), Lomba IG Reels Challenge (10 Oktober-7 November), Lomba Vlog (10 Oktober-7 November), Lomba Esai (13 Oktober-7 November), Talkshow Kemuslimahan (24 Oktober), Bakti Sosial (6 November), dan Tabligh Akbar (7 November).

Grand Opening (GO) UIF membuka sekaligus media branding kegiatan-kegiatan UIF 2021.  Kegiatan GO UIF 2021 mengusung tema “Pandemi Covid-19 Sebagai Sarana Booster Iman dan Media Muhasabah Diri”. Harapannya agar umat muslim senantiasa muhasabah diri dan meningkatkan keimanan terhadap Allah Subhanahu wata’ala meskipun dalam kondisi pandemi, untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta membawa manfaat bagi sesama. Acara ini menghadirkan Hafiz kondang Muzammil Hasballah sebagai pemateri. Lomba IG reels challenge adalah kompetisi yang baru pertama kali diadakan pada acara Untidar Islamic Fair (UIF) 2021. Kegiatan ini bertujuan  memotivasi muslim dan muslimah untuk “melek teknologi”. Video kreatif yang diunggah pada sosial media Instagram adalah fitur reels dengan mengangkat tema “Edukasi Terkini Untuk Generasi Muslim Milenial”.

Lomba Vlog Ekonomi Kreatif merupakan lomba di bidang audio visual (video) yang fokus pada pengenalan usaha (UMKM dan sejenisnya). Tujuan lomba adalah sebagai media pendukung pertumbuhan ekonomi di masa pandemi sekaligus mempromosikan produk lokal. Lomba Esai merupakan salah satu event pra acara puncak Untidar Islamic Fair (UIF) 2021 dengan tujuan untuk memfasilitasi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang mempunyai bakat dalam menulis karya Esai Islami sebagai agent of change di era pandemi. Masih dalam rangkaian UIF, UKAI Ar-Ribath juga mengadakan Talkshow Kemuslimahan dengan menghadirkan Ustadzah Adilla Putri Hafzi. Tema Talkshow Kemuslimahan pada Untidar Islamic Fair (UIF) 2021 ini yaitu “Be An Inspiring Muslimah In The Midst Of Pandemic”, dengan tujuan agar muslimah yang mengikuti talkshow ini dapat menjadi inspirasi bagi orang lain dan selalu menebarkan hal-hal positif.

Kegiatan berikutnya adalah Bakti Sosial dengan memberikan santunan kepada anak yatim, dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama. UNTIDAR Islamic Fair ditutup dengan Tabligh Akbar sebagai wadah untuk meluaskan syiar Islam, baik di lingkungan Universitas Tidar, masyarakat sekitar UNTIDAR, maupun masyarakat dalam lingkup nasional. “Kami berharap UIF bisa menjadi sarana syiar Islam untuk Sivitas Akademika UNTIDAR dan masyarakat umum, meningkatkan persatuan antar umat Islam, meningkatkan kecintaan terhadap budaya Islam, menggali bakat keislaman melalui lomba yang diselenggarakan, dan bisa memajukan SDM pada bidang ekonomi, sosial, dan budaya”, pungkas Erdian Rizki Agung Nugroho selaku Ketua Panitia UIF 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here