Lima Tim Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) UNTIDAR yaitu AA Adventure, AKSESORIS KOS, Cocofe, MUSDAM dan Nateco Hijab mengikuti KMI Expo XII 2021 di Universitas Brawijaya Malang, tanggal 17-19 November 2021. KMI EXPO merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Dit. Belmawa, Ditjen Diktiristek dengan menggandeng perguruan tinggi sebagai pelaksana. Kegiatan ini mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk menjadi lulusan yang berkarakter, inovatif, dan kompetitif di kancah nasional dan global. Tuan rumah KMI Expo XII 2021 adalah Universitas Brawijaya. Dalam pelaksanaannya KMI Expo XII akan melaksanakan 4 agenda utama yaitu: (1) KMI Award, (2) Pameran dan Bazaar Produk, (3) StartUp Summit dan (4) PWMI Award. Selain itu masih ada pendukung kegiatan yaitu: (1) International Student Entrepreneurship (a. Poster Competition, b. Essay Competition, c. Business Case Competition), (2) Kompetisi Café Mahasiswa Indonesia (3) Kompetisi Booth Sponsorship (4) Kompetisi TikTok Kewirausahaan Mahasiswa (5) Sarasehan Forkomawa, (6) Sarasehan Forum Pendamping Mahasiswa Indonesia (PWMI), (7) Sarasehan Indonesian Student Entrepreneurship Network, dan (8) Sarasehan Forum Pengelola Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia.

KMI EXPO tahun ini, memiliki tema “Collaboration and Synergy” yang memiliki arti menyediakan ruang dalam berinteraksi, bekerja sama dan berinovasi bagi seluruh peserta dan segenap civitas akademika perguruan tinggi dari seluruh Indonesia untuk mewujudkan keselarasan dalam kegiatan kewirausahaan yang inovatif, berdaya saing, dinamis dan terus berkembang.

Lima tim KMI UNTIDAR yang mengikuti KMI EXPO XII masing-masing diwakili 2 orang anggota tim, yaitu : 1. AA Adventure: Jasa Penyewaan dan Trip Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Lereng Gunung (Ariawan dan Feri Wirawan), 2. AKSESORIS KOS: Solusi Kenyamanan Belajar  (Mudhofar Zuhdi Tobiin dan Hanafi Mazi Syaputra), 3. Cocofe: Kreasi Kopi Untuk Mengembangkan Potensi Kopi Lokal Kabupaten Temanggung (Muhamad Affan Aqdam dan Upik Setyorini), 4. MUSDAM: Muscovy Duck Farm with Three Smart System Technology (Mujibul Marom dan Sri Widiastuti), 5. Nateco Hijab: Natural Ecoprint Hijab (Dina Kurniasari dan Anisa Solihati). Turut mendampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si., dan para dosen pembimbing yaitu Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Satrio Ageng Rihardi, S.H., M.H., Adhi Surya Perdana, S.P., M.Sc., Xander Salahudin, S.T., M.Eng., Kuswan Hadji, S.H., M.H., Dzikrina Dian Cahyani, S.S., M.A., Pradipta Bayuaji Pramono, S.Pt., M.Sc., dan Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd.

Delegasi KMI EXPO UNTIDAR mengikuti pameran/bazar dan menampilkan produknya secara offline dan online. Di ajang ini setiap universitas disediakan satu booth offline dan satu virtual booth yang menampilkan satu atau beberapa produk sekaligus. Delegasi yang mengikuti pameran/bazar secara online dapat menampilkan booth dan dapat berkomunikasi dengan pengunjung melalui Virtual Expo. KMI EXPO XII 2021 memberikan apresiasi dan anugerah kepada tim KMI yang Unggul. Penilaian fokus pada keunggulan kinerja dan profesionalisme dari wirausaha yang dijalankan.

Penulis : Humas/TERK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here