Teh Biji Semangka, Karya Inovasi Untuk Obati Penyakit Jantung dan Kanker

0
108

Empat orang mahasiswa Program Sarjana Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar berinovasi menciptakan OK Teh, yaitu produk teh yang memiliki manfaat sebagai obat herbal untuk penderita penyakit jantung dan kanker. Rofiqotul Fitria bersama empat orang anggota tim yaitu  Ani Kurnia Lestari, Fitriani Lestari, Zahro Ulfah Auliya dan Sherla Salsabila Adawiyah menciptakan inovasi dengan mengganti teh yang biasanya terbuat dari bunga melati dengan bahan lain yaitu biji semangka. “ Teh Biji Semangka ini adalah minuman yang aman dikonsumsi oleh siapapun dari berbagai kalangan, baik dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Selain itu juga menyehatkan karena menurut banyak penelitian biji semangka memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Disamping itu pembuatannya tanpa menggunakan bahan kimia”, jelas Fitria. “Teh Biji Semangka yang kami produksi memiliki variasi rasa yang beragam seperti rasa original, apel, leci, dan mangga.  Proses produksinya higienis , dan memiliki kemasan yang unik”, tambahnya.

Ide untuk membuat teh biji semangka berawal dari pemikiran untuk memanfaatkan limbah biji semangka yang terbuang. Di berbagai tempat, jus buah menjadi salah satu alternatif minuman sehat. Salah satu buah yang bisa dijadikan jus yaitu buah semangka. Banyak sekali penjual jus yang memanfaatkan buah semangka sebagai produk jus yang dijualnya. Namun, seringkali penjual membuang limbah biji semangka karena merasa tidak bisa dimanfaatkan kembali. “Maka dari itu, kami berinisiatif memanfaatkannya menjadi teh biji semangka, sehingga bisa turut andil menciptakan lingkungan yang lebih bersih dari limbah biji semangka”, ujar Fitria. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tak banyak orang mengetahui bahwa biji semangka memiliki banyak manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Zat yang terkandung dalam biji semangka mampu membantu mengatur tekanan darah. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai peluruh kencing, menyejukkan radang kandung kemih, melembabkan usus, dan menyehatkan ginjal dan anti kanker. “Lycopene merupakan suatu zat yang terdapat di dalam semangka dan biji semangka, yang berfungsi sebagai obat anti kanker. Artinya, zat lycopene dapat membasmi bibit kanker dan memperbaharui jaringan sel yang rusak dalam tubuh. Selain itu biji semangka juga bermanfat bagi para lansia yaitu dapat memulihkan kesehatan setelah sakit dan berkhasiat menajamkan daya ingat. Bahkan menurut sebuah penelitian, biji semangka mempunyai protein yang setara dengan kedelai. Ekstrak biji semangka juga dapat membantu penyembuhan luka”, jelasnya.

Untuk pemasaran Fitria dan tim memanfaatkan outlet yang berada keramaian, seperti Alun-Alun Kota Magelang. Juga memanfaatkan media sosial yaitu Instagram dan Facebook. “Selain itu kami berinovasi menyediakan variasi rasa teh yang berbeda-beda, antara lain rasa original, apel, leci, dan mangga. Kami juga mengaitkan produk dengan kampanye “Jaga Jantungmu Dengan OK Teh”, agar jantung menjadi sehat dan terhindar dari penyakit”, pungkas Fitria. OK Teh: Teh Biji Semangka Sebagai Obat Herbal Jantung dan Anti Kanker adalah satu proposal mahasiswa UNTIDAR yang lolos dan mendapatkan dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K). PKM adalah kegiatan yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan; kreatif dan inovatif; serta objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here