Dokumentasi UPT Bahasa

Unit Pelakasana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Tidar kembali menyelenggarakan Tes Toefl periode Juni 2021. Jumlah kuota peserta Toefl periode ini melebihi kuota yaitu 414 mahasiswa dari yang seharusnya hanya sebanyak 400 orang mahasiswa per periodenya.

Kegiatan yang diadakan oleh UPT Pusat Bahasa ini diadakan setiap 3 bulan sekali, agar bisa memfasilitasi mahasiswa yang disyaratkan harus memiliki sertifikat lulus Toefl sebelum diwisuda. Kegiatan ini dilaksanakan 4 kali dalam 1 tahun yaitu setiap bulan Februari, April, Juni dan September.

Dokumentasi UPT Bahasa

Tes Toefl periode Juni 2021dilaksanakan dalam beberapa sesi. Pembagian ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terlebih tes Toefl periode ini dilaksanakan di masa Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Tes Toefl berlangsung 28 Juni – 1 Juli 2021 terbagi menjadi 3 sesi perharinya. Adapun tiap sesi diikuti oleh 30-35 orang mahasiswa. Agar bisa lolos dan mendapatkan Sertifikat Toefl, peserta wajib mencapai skor minimal 400. Jika skor masih dibawah 400, mahasiswa wajib melakukan tes ulang, karena skor 400 adalah skor minimal yang harus dicapai sebagai salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa UNTIDAR. Sertifikat Toefl yang dimiliki mahasiswa ini berlaku sampai 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat oleh UPT Pusat Bahasa UNTIDAR.

Selain melaksanakan Tes Toefl sebagai kegiatan rutin, UPT Pusat Bahasa juga mengadakan Tes Terampil Berbahasa Indonesia, pelatihan Pre Toefl untuk mahasiswa, Seminar Nasional Kabastra, Pelatihan Penerjemahan bagi dosen, serta Layanan Terjemahan Manuskrip untuk dosen UNTIDAR.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum, S.Sos., M.I.Kom.
Editor  : Kusumo Wardani, S.I.Kom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here