Rabu, 3 Agustus 2021, Rektor Untidar beserta jajarannya melepas 1113 Mahasiswa Untidar yang akan melaksanakan KKN Tematik Periode Agustus 2021. Karena masih dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Perkantoran, Upacara Penerjunan hanya dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, para Dekan, perwakilan peserta KKN dan perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Sebagian besar peserta KKN mengikuti Upacara Penerjunan secara daring.
“Pelajari permasalahan apa yang saat ini sedang dihadapi masyarakat. Petakan, lakukan analisis, pikirkan dan diskusikan bersama masyarakat dan dosen pendamping, lalu rumuskan alternatif solusinya. Akan lebih baik jika bisa langsung diimplementasikan dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada”, tutur Prof. Dr. Ir. Mukh. Arifin, M.Sc. dalam sambutannya. Senada dengan yang disampaikan oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Noor Farid, M.Si. berpesan kepada peserta KKN untuk cermat dalam memilih tema. “Pilih yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat, sehingga KKN benar benar bisa memberikan arti bagi masyarakat sekitar”, tegas Dr. Noor Farid. “Jangan lupa protokol kesehatan tetap dijaga supaya tidak memunculkan hal hal yang tidak diinginkan”, tambahnya.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan. Kegiatan KKN ditujukan untuk peningkatan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni dalam kehidupannya. Selain itu, KKN juga ditujukan untuk meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara kurikulum yang dipelajari di kampus dengan realita kehidupan bermasyarakat.
Dalam menyikapi perkembangan bangsa terkini, Universitas Tidar merasa perlu berkontribusi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 mengingat angka kasus harian yang masih tinggi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LPPM-PMP) turut andil dengan merumuskan KKN Tematik di Masa Pandemi Covid-19, dalam rangka melaksanakan program akademik Universitas Tidar serta mendukung penanggulangan Covid-19.


KKN Tematik adalah program Kuliah Kerja Nyata dengan fokus yang spesifik dengan ciri: (1) relevan dengan program pembangunan daerah atau pemerintah pusat; (2) relevan dengan kebutuhan masyarakat; dan (3) relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan IPTEKS yang dimiliki UNTIDAR. Program KKN ini telah terjadwal secara akademik di Universitas Tidar. Oleh karena itu, percepatan penanggulangan Covid-19 sangat strategis jika dilakukan dengan KKN secara tematik. “Ada 2 Tema KKN yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Yaitu KKN Tematik Penanggulangan dan Edukasi Pencegahan Covid 19, dan KKN Berbasis Karya Pengabdian Kepada Masyarakat”, ujar Dr. Eny Boedi Orbawati, M. Si. (Plt. Kepala LPPM UNTIDAR).
Dr. Eny menjelaskan terkait dengan Penanggulangan dan Edukasi Pencegahan Covid 19, kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu : Program Edukasi Pencegahan Covid-19 Bagi Masyarakat Secara Daring, Program Pelatihan Penataan Administrasi Pemerintah Desa Berbasis TIK, Program Pelatihan Mitigasi Bencana dalam New Normal Life, Program Pelatihan Ide Usaha & UMKM dalam New Normal Life, Program Pelatihan Pemanfaatan Lahan untuk Mandiri Pangan dalam New Normal Life, Program Pelatihan Pembelajaran Efektif dalam New Normal Life, Program Bicara Baik Tentang Covid 19, Program Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid 19, Program Literasi Media dan Pemberitaan Covid-19, Program Penguatan Usaha Kecil Menengah (UKM) Terdampak Pandemi Covid-19, Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Daerah, Program Penyuluhan Hukum Perlindungan Ketenagakerjaan, Program Penyuluhan Hukum Pertanahan, Penyuluhan Hukum Perikatan dan Analisis Kontrak Jual Beli dan Sewa Menyewa, Penyuluhan Hukum Tindak Pidana Akibat Lemahnya Perekonomian, Penyuluhan Hukum Perpajakan, Penyuluhan Hukum Lingkungan, Program Pengelolaan Administrasi Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Secara Daring, Peningkatan Inovasi Pembelajaran(perencanaan, strategi, media) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Peserta Didik Pada Satuan Pendidikan (TK/PAUD s/d SMA/SMK/MA) Secara Daring, Penataan Lingkungan (Adiwiyata) Satuan Pendidikan Bagi Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 Secara Daring, dan Pengembangan Manajemen Satuan Pendidikan Yang Sesuai Dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada masa pandemi Covid-19 Secara Daring,
Terkait dengan KKN Berbasis Karya Pengabdian Kepada Masyarakat, kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu : Program Pemanfaatan Kebun Sebagai Sumber Gizi Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan Keluarga, Program Pasar Online Produk Pertanian, Pengembangan Smart Village Dalam Menghadapi Covid-19, dan Program Karya Pengabdian Pembuatan Alat Pencegahan Penyebaran Covid-19.
“KKN Tematik Periode Juli-Agustus 2021 diikuti oleh 1113 mahasiswa yang terbagi ke dalam 216 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 5-6 mahasiswa yang berasal dari minimal 3 bidang ilmu yang berbeda. Dosen Pembimbing Lapangan berjumlah 36 orang, dengan masing-masing dosen membimbing 6 kelompok KKN. Adapun Lokasi KKN tersebar ke 26 wilayah yaitu : Kabupaten Magelang (88 lokasi), Kota Magelang (68 lokasi), Kabupaten Temanggung (12 Lokasi), Kabupaten Kebumen (10 lokasi), Kabupaten Cilacap (4 lokasi), Kabupaten Pati (3 Lokasi), Kabupaten Purworejo (3 lokasi), Kabupaten Blora (2 lokasi), Kabupaten Klaten (2 lokasi), Kabupaten Boyolali (2 lokasi), Kabupaten Brebes (3 lokasi), Kabupaten Tegal (2 lokasi), Kabupaten Sukoharjo (1 lokasi), Kabupaten Karanganyar (1 lokasi), Kabupaten Pekalongan (1 lokasi), Kota Pekalongan (1 lokasi), Kabupaten Purbalingga (1 lokasi), Kabupaten Batang (1 lokasi), Kabupaten Semarang (1 lokasi), Kota Semarang (1 lokasi), Kabupaten Sleman (1 lokasi), Kabupaten Bekasi (1 lokasi), Kota Bekasi (1 lokasi), Kabupaten Banyumas (1 lokasi) dan DKI Jakarta (1 lokasi)”, tambahnya.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum (Humas UNTIDAR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here