Rektor Universitas Tidar (UNTIDAR) Prof. Dr. Ir. Mukh. Arifin, M.Sc. menyambut kedatangan 36 mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari 12 perguruan tinggi, Selasa (30/11).

Turut menyambut Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Noor Farid, M.Si., Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Drs. Giri Atmoko, M.Si., dan Koordinator Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, David Budhi Hartono, S.E., M.M.

“Mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka berjumlah 59 orang. Akan tetapi yang mengikuti program secara luring sebanyak 36 mahasiswa, dengan rincian: Institut Teknologi Kalimantan sejumlah 1 orang, Universitas Cokroaminoto Palopo sejumlah 4 orang, Universitas Hasanuddin sejumlah 1 orang, Universitas Kristen Indonesia Paulus sejumlah 4 orang,  Universitas Muhammadiyah Kendari sejumlah 10 orang, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang sejumlah 4 orang, Universitas Negeri Makassar sejumlah 3 orang, Universitas Borneo Tarakan sejumlah 3 orang, Universitas Negeri Manado sejumlah 1 orang, Universitas Pattimura sejumlah 2 orang, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong sejumlah 1 orang dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya sejumlah 2 orang,” urai Ikhwan Taufik, S.Pd. M.Eng., selaku Koordinator Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

“Mahasiswa peserta PMM mengambil 10 sks, 2 sks untuk Modul Nusantara dan 8 sks untuk mengambil mata kuliah sesuai jurusan masing-masing. Kegiatan Modul Nusantara terbagi 4 jenis, dengan 3 dosen sebagai pengampu. Kegiatannya meliputi kebhinekaan, salah satunya pengenalan budaya Borobudur, kegiatan refleksi, kegiatan inspirasi dengan mengundang praktisi atau inspirator dalam berbagai bidang, kegiatan kontribusi sosial, dan kegiatan bantuan,” tambahnya.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si. mengingatkan agar peserta PMM tak hanya menimba ilmu, namun juga perlu untuk membangun jejaring. “Silahkan menjalin pertemanan dengan mahasiswa UNTIDAR agar terjalin komunikasi yang baik, sehingga bisa saling bersinergi untuk memberikan sumbangsih bagi bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Rektor UNTIDAR Prof. Dr. Ir. Mukh. Arifin menyampaikan agar peserta PMM memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memperkaya wawasan dan memperkuat penalaran. Disamping itu melalui PMM diharapkan mahasiswa bisa mengenal berbagai kebudayaan dan bersemangat membangun persahabatan nusantara sebagai bekal memasuki dunia “orang dewasa”, dimana setiap orang harus memiliki sikap saling menghargai satu sama lain.

Selama mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka, peserta mendapatkan fasilitas transportasi, dan uang kuliah serta biaya hidup. Adapun pelaksanaanya didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk meningkatkan knowledge, skill, dan attitude karena akan bergaul dengan berbagai pengalaman serta budaya baru, sebagai bekal dalam menghadapi persaingan global untuk menjadi bangsa yang maju bersama bangsa maju lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here