Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Tidar menyiapkan kuota sebanyak 10.385 peserta. Kuota ini diharapkan dapat menampung peserta dari berbagai wilayah yang berdekatan dengan Kota Magelang.

“LTMPT menganjurkan peserta UTBK-SBMPTN untuk memilih lokasi ujian disekitar domisilinya. Anjuran ini mengingat kita masih harus waspada dan terus mematuhi anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” jelas Arif Rahman Saleh, S.T., M.T., Koordinator Pelaksana Pusat UTBK UNTIDAR, Jumat (19/03).

Peserta dari Kota Magelang tidak perlu memilih lokasi ujian di Jakarta walau pilihan Perguruan Tingginya Universitas Jakarta (UI), cukup pilih lokasi Pusat UTBK UNTIDAR yang ada di Kota Magelang. Jika ada lebih dari 1 pilihan pusat UTBK yang dekat dengan domisilinya diharapkan dapat diperhitungkan mana yang lebih dekat dan mudah diakses.

“Tidak ada pengaruh lokasi ujian dengan hasil nilai UTBK. Jadi, mempertimbangkan situasi saat ini mohon kepada para peserta memperhatikan juga lokasi tempat ujiannya,” tambah Arif.

Pusat UTBK UNTIDAR menyelenggarakan ujian di 6 lokasi yaitu Kampus Universitas Tidar, SMK Negeri 1 Magelang, SMK Negeri 2 Magelang, SMA Negeri 4 Magelang, SMA Negeri 5 Magelang dan SMK Ma’arif Kota Mungkid.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta UTBK Tahun 2021 tidak dapat menentukan tempat/ruangan dan sesi ujian, semuanya dikelola otomatis oleh sistem.

“Untuk tahun ini peserta hanya bisa memilih Pusat UTBK sedangkan untuk tempat dan sesi ujian sistem yang menentukan. Ada tanggal khusus juga untuk peserta UTBK Kelompok Ujian Campuran dan peserta berkebutuhan khusus seperti tunanetra dan tunadaksa,” pungkasnya.

UTBK akan diselenggarakan dalam 2 gelombang yaitu; gelombang 1 pada 12-18 April 2021 dan gelombang 2 pada 26 April – 2 Mei 2021. Peserta tunanetra dan tunadaksa UTBK akan diselenggarakan pada tanggal 15 April 2021. Sedangkan peserta kelompok ujian campuran akan melaksanakan UTBK pada tanggal 18 April 2021 atau 2 Mei 2021.

Tim Humas UNTIDAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here