Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Universitas Tidar mulai menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Selasa (13/12). Pelaksanaan SKB CPNS UNTIDAR dilaksanakan Kamis-Sabtu, 13-15 Desember 2018. Total Peserta yang hadir untuk mengikuti SKB hari pertama ini sejumlah 163 orang.

“Pelaksanaan secara umum berjalan lancar.  Peserta SKB yang tidak hadir pada hari pertama maka sudah tidak dapat mengikuti tahap selanjutnya pada hari kedua dan ketiga atau dianggap gugur,” jelas Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK) Among Wiwoho, S.E., M.M.

Sebanyak 3 peserta tidak hadir pada pelaksanaan SKB hari pertama yaitu test kemampuan keahlian (kemampuan bidang) dinyatakan gugur. Peserta yang tidak hadir pada hari pertama tidak dapat melanjutkan tahapan test pada hari kedua yaitu wawancara dan hari ketiga yaitu microteaching atau praktek mengajar.

Sedangkan khusus untuk test kesehatan dilaksanakan secara mandiri oleh para peserta pada Rumah Sakit Pemerintah atau Puskesmas setempat dan dikumpulkan paling lambat pada Sabtu, 15 desember 2018 pada Panitia Seleksi CPNS UNTIDAR.

Berdasarkan pengumuman hasil lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti pada Sabtu, 8 Desember 2018 lewat laman https://cpns.ristekdikti.go.id/, total pelamar ke UNTIDAR yang lolos sebanyak 190 peserta. Terdiri dari 166 peserta formasi dosen dan 24 peserta formasi tendik. Sedangkan total pelamar CPNS ke UNTIDAR tahun 2018 ini sebanyak 1008 orang.

Pelaksanaan SKB hari pertama formasi dosen dilaksanakan di kampus UNTIDAR sedangkan untuk formasi tendik dilaksanakan di UPT BKN Semarang.

“Pelaksanaan lokasi ujian berbeda dikarenakan BKN belum mempunyai bank soal bagi beberapa formasi yang ada di UNTIDAR dan juga beberapa PTN lain di Indonesia. Pelaksanaan SKB formasi dosen di UNTIDAR menggunakan sistem LJK berbeda dengan formasi tendik sudah menggunakan fasilitas CAT BKN,” tambah Among.

Pelaksanaan test keahlian (kemampuan bidang) terdiri dari 100 soal yang harus dikerjaan selama 90 menit dimulai dari pukul 09.00 – 10. 30 Wib. Peserta diwajibkan mengenakan atasan warna putih dan bawahan celana/rok bewarna hitam serta hadir di tempat ujian selambat-lambatya 60 menit sebelum ujian berlangsung.

SKB adalah tahap kedua dan terakhir rangkaian seleksi CPNS. Bagi peserta yang dinyatakan lolos SKB sudah dipastikan akan ditetapkan sebagai CPNS.

Pelaksanaan SKB hari kedua dan ketiga formasi dosen dan tendik dilaksanakan di Kampus UNTIDAR sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah diumumkan via laman www.untidar.ac.id. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here