Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Tidar (UNTIDAR) tahun 2018 berjumlah 214 mahasiswa. Plt. Rektor, Prof. Drs. John Hendri, M.Si., Phd. mengadakan kunjungan ke rumah salah satu mahasiswa Universiats Tidar di Desa larangan Lor, Kecamatan Garung , Kabupaten Wonosobo Sabtu (10/11) lalu. Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tepat guna.

Tri Maya Wahyu merupakan mahasiswi yang mendapat kunjungan tersebut. Mahasiswa penerima bidikmisi itu lolos melalui jalur SBMPTN dan diterima menjadi mahasiswa periode angkatan 2018/2019 di Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Wonosobo tersebut merupakan mahasiswi penyandang keterbatasan fisik dan berasal dari keluarga dengan ekonomi yang kurang. Sebagai penyandang difabel (different ability) Maya merupakan satu-satunya warga Larangan Lor yang melanjutkan kuliah ke tingkat strata satu dan menerima beasiswa bidikmisi. Difabel memiliki pengertian akan keadaan seseorang yang memiliki fisik atau sistem biologisnya berbeda dengan orang lain pada umumnya.

“Kami harap akan ada Maya lainnya untuk meneruskan pendidikan, dengan tekad dan informasi yang ada menjadi pintu seseorang untuk berani melangkah ke jenjang pendidikan tinggi memperbaiki taraf hidupnya”, kata John Hendri.

Beliau menambahkan penerima beasiswa bidikmisi diutamakan bagi pendaftar yang memiliki kemampuan belajar baik namun kekurangan dalam perekonomian juga bagi penyandang disabilitas. Disabilitas yang dapat diterima belum keseluruhan, contohnya untuk penyandang tuna rungu belum tersedia tenaga pengajarnya.

“Untuk penyandang disabilitas yang mendaftar melalui jalur bidikmisi akan diprioritaskan namun juga dilihat pendaftar yang memang memiliki kemampuan belajar baik namun kurang beruntung dalam keadaan ekonomi”, tambahnya.

Kepala desa Larangan Lor, Budi Handoyo juga turut menjelaskan untuk warga desanya saat ini kebanyakan masih berpendidikan di tingkat SMA dan dengan adanya Maya dapat menjadi contoh bagi warga lainnya untuk tutur memperhatikan pentingnya pendidikan.

“Dengan berhasilnya maya masuk ke universitas tidar dapat menjadi inspirator bagi warga lain untuk memperhatikan pendidikan, bukan hanya untuk mencari pekerjaan namun untuk memperbaiki taraf hidup dirinya dan keluarga”, jelasnya.

Dalam kegiatan ini turut ikut serta Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd.; Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Drs. Hery Suroso, S.T., M.T; Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Gembong Haryono, M.P.; Dekan Fakultas Teknik, Ir. Kun Suharno, M.T.; Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Samodra Wibawa, M.Sc.; Kepala Biro Umum dan Keuangan, Among Wiwoho, S.E., M.M.; Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Drs. Giri Atmoko, M.Si. dan Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, David Budhi Hartono, S.E. (HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here