Sebanyak 1830 mahasiswa baru Universitas Tidar (UNTIDAR) mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 dengan tema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa” pada Jumat (17/08) lalu. Mereka merupakan mahasiswa yang lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) khusus jenjang Diploma III, dan Seleksi Mandiri Masuk UNTIDAR (SMM UNTIDAR).

PLT Rektor UNTIDAR, Prof. Drs. John Hendri, M.Si., Ph.D. selaku inspektur upacara membacakan sambutan dari Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir.

“Hari ini adalah hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia. Pada hari ini kita memperingati hari ulang tahun ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika menjadi dasar yang besar dan kuat, maka di hari yang khidmat ini marilah kita memahami kembali secara utuh Pancasila dan kebhinekaan bangsa, melihat kebhinekaan sebagai sebuah anugerah”, ujarnya.

Upacara bendera dilanjutkan dengan laporan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd. mengenai jumlah mahasiswa yang diterima pada tahun akademik 2018/2019. Setelah itu berlangsung penandatanganan berita acara Serah Terima Mahasiswa Baru UNTIDAR oleh PLT Rektor UNTIDAR, Prof. Drs. John Hendri, M.Si., Ph.D., didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd.

Menariknya, upacara bendera kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena seluruh dosen dan tenaga kependidikan UNTIDAR mengenakan pakaian adat dalam rangka memeriahkan upacara bendera dalam rangka HUT RI ke-73. Usai upacara, diadakan Parade Dosen dan Tenaga Kependidikan. Para dosen dan tenaga kependidikan berjalan mengitari lapangan secara berpasangan dengan mengenakan pakaian adat.

HUT RI ke-73 juga dimeriahkan dengan pengibaran bendera merah putih raksasa oleh UKM Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) SULFUR di gedung Fakultas Teknik. Bendera tersebut memiliki panjang 12 meter dan lebar atau tinggi 9 meter. Bendera raksasa dikibarkan oleh Mochammad Finandika Perwito, Febrianto Saputra, dan Aditya Pranata.

“Persiapan dilakukan selama dua hari, dengan didampingi oleh pengibar bendera pada tahun sebelumnya. Harapan untuk Indonesia, semoga semakin jaya, dan untuk UKM MAPALA SULFUR, kami berharap bisa terus mengibarkan bendera raksasa, dan rencananya kami berencana akan menambah ukuran bendera raksasa ini”, ujar Pertiwi Juli, salah satu anggota UKM MAPALA SULFUR. (Agnesia Dhinda Gusti Permatasari-mg/DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here