Rektor Universitas Tidar (UNTIDAR), Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. mengunjungi dua rumah penerima beasiswa bidikmisi pada Selasa (19/11). Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi tepat sasaran. Mengunjungi Dini Nurlailla Fadillah dan Desi Rahmawati yang merupakan mahasiswa penerima bidikmisi melalui jalur SBMPTN tahun angkatan 2019/2020.

“Monev ini dalam rangka silaturahmi kerumah mahasiswa penerima bidikmisi sesuai tepat sasaran diterima pada yang benar-benar membutuhkan”, kata Mukh Arifin.

Untidar memiliki 507 penerima beasiswa bidikimi tahun  2019 dari tiga jalur tes masuk diantaranya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) , Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan  tahun ini ada beberapa mahasiswa dari jalur SMM UNTIDAR.

 “Diharapkan penerima bidikmisi dapat berkuliah dengan rajin dan tepat waktu sehingga cita-citanya dapat terwujud sekaligus memotivasi rekan di desanya untuk kuliah”, tambah Rektor.

Penerima Bidikmisi

Dini Nurlailla Fadillah yang berdomisili di Desa Sanggrahan, Kelurahan Wates, Kota Magelang merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara yang diterima menjadi mahasiswi di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Dini dan keluarganya merupakan pendatang dari kota Sukoharjo, ayahnya membuka usaha dirumah sebagai tukang jahit pakaian. Didampingi oleh Ketua RT, Bapak Purwo Prayitno, ia menceritakan sudah mengumpulkan dana untuk biaya kuliah dengan bekerja di sebuah industri selama kurang lebih 8 bulan yang lalu. Dengan kemauannya untuk lanjut pendidikan hingga akhirnya ikut tes masuk perguruan tinggi dan diterima sebagai mahasiswi penerima beasiswa bidikmisi di UNTIDAR.

“Sebelumnya saya pernah bekerja selama 8 bulan sebagai tabungan masuk kuliah, setelah tes masuk ternyata saya lolos diterima menjadi mahasiswa penerima bidikmisi”, katanya.

Ia menjelaskan informasi beasiswa bidikmisi itu ia dapatkan dari guru disekolahnya semasa sekolah, sehingga memicunya untuk mendaftar dan ikut tes satu tahun setelah kelulusannya.

Desi Rahmawati beralamat di Desa Nglampu, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Ia diterima sebagai mahasiswi dalam Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan bercita-cita menjadi Dosen. Tirto Hadi, ayahnya menjelaskan bahwa anaknya tersebut memiliki keinginan yang berbeda dengan saudaranya. Semua saudaranya hanya bersekolah sampai jenjang Sekolah Menengah dan bekerja sebagai karyawan toko kelontong.

Keterbatasan ekonomi keluarga tersebut memicu Desi untuk mencoba ikut tes masuk kuliah melalui beasiswa. “Saya dapat info beasiswa bidikimisi dari kakak kelas SMA  yang saat ini sudah kuliah di UNTIDAR, jadi saya mencoba ikut tes masuk perguruan tinggi yang sama”, jelasnya.

Ia mengatakan ikut tes masuk sebanyak dua kali dan memilih UNTIDAR sebagai pilihan pertamanya, dan berhasil masuk sebagai mahasiswa yang dibiayai oleh pemerintah.

ia merupakan satu-satunya penerus keluarga yang melanjutkan ke jenjang pendidikan jenjang Strata Satu diantara saudara lainnya. Kepala Dusun Nglampu, Guntoro mengatakan bahwa keluarga Tirto termasuk yang berekonomi rendah, pekerjaannya sebagai petani sayur hanya cukup untuk biaya kebutuhan sehari-hari. “Bapak Tirto hanya bekerja sebagai petani sayur dan termasuk yang ekonominya rendah, beliau salah satu penerima bantuan beras sejahtera (Rastra) dari pemerintah”, katanya.

Penjelasannya tersebut menjadi informasi tambahan yang menegaskan bahwa Desi memang benar pantas menerima beasiswa bidikmisi itu, serta menjadi motivasi pemuda desa lainnya untuk bisa mengikuti jejaknya.

Dalam kunjungannya Rektor turut ikut serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si.; Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Usman Siswanto, M.Sc., Ph.D.; Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T.; Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Drs. Sujatmiko, M.P.A.; Kepala Biro Umum dan Keuangan, Among Wiwoho, S.E., M.M.; Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Drs. Giri Atmoko, M.Si. dan Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, David Budhi Hartono, S.E. (HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here