Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah menandatangani perjanjian kerja sama progam pemberian beasiswa dengan Universitas Tidar (UNTIDAR) pada kamis (11/09)  lalu. Sebanyak 50 Mahasiswa UNTIDAR berkesempatan menyaksikan langsung penandatangan itu di Ruang Lokakarya, Lantai 8, Gedung Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah. Hari itu juga mereka resmi tergabung dalam anggota Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa BI, bersama dengan Universitas Muria Kudus (UMK) yang turut menerima beasiswa kala itu.

Pembukaan acara oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Soekowardojo mengatakan untuk membentuk generasi muda yang berkualitas dan mampu bersaing di era revolusi industri ini diciptakan suatu pendidikan nasional yang merupakan bagian penting dari pembangunan nasional Indonesia seutuhnya yang berfungsi mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan peradaban yang bermatabat guna mencerdaskan bangsa.

“Sebagai bentuk kepekaan dan kepedulian akan pendidikan nasional itu maka bank indonesia berperan aktif dalam peningkatan  kualitas sumbaer daya indonesia melalui program pemberian beasiswa yang dapat digunakan untuk mendukung biaya pendidikan jenjang studi atau sebagai penyambung biaya hidup”, katanya.

Penerima beasiswa BI adalah mahasiswa jenjang Strata 1 (S1) dari Perguruan tinggi negeri dan Perguruan tinggi swasta. Perguruan tinggi itu diantaranya Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Negeri Walisongo, Institut Agama Islam Negeri Salatiga ditambah dari UNTIDAR dan UMK.

Juga dijelaskan untuk mendapatkan beasiswa ini sebelumnya diadakan monitoring dan kunjungan terlebih dahulu dari pihak BI ke perguruan tinggi yang terkait. Hal yang dilihat diantaranya; akreditasi, sarana dalam kampus, keaktifan perguruan tinggi dan prestasi mahasiswanya. “Kami juga mengirimkan tim untuk melakukan kunjungan sebagai bentuk monitoring dasar penerimaan yang dilihat dari akreditasi saat ini, sarana dari kampus untuk mahasiswa dan juga keaktifan perguruan tinggi sampai pencapaian prestasi mahasiswa, hingga sudah terkumpul sebanyak 270 mahasiswa yang menerima beasiswa BI wilayah Jawa tengah termasuk UNTIDAR dan UMK.

Selain adanya monitoring juga dilakukan tahap wawancara kepada seluruh calon penerima beasiswa yang kemudian ditetapkan menjadi penerima beasiswa. Priorotas program studi atau jurusan yang sesuai dengan syarat diantaranya,  jurusan dari Ilmu Ekonomi atau Ekonomi Pembangunan, Manajemen atau Pendidikan Ekonomi Manajemen, Akuntansi atau Pendidikan Akuntansi, Perbankan atau Keuangan Syariah, Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah, Matematika atau Pendidikan Matematika, Statistika, Pertanian atau Peternakan atau Agribisnis atau Hortikultura, Sosial Ekonomi Pertanian atau Sosial Ekonomi Perikanan, Ilmu Hukum atau Hukum Ekonomi Syariah, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Komunikasi atau Ilmu Komunikasi, Teknologi informasi, Sistem Informasi serta Ilmu Komputer atau Informatika.

Selain itu penerima beasiswa juga diwadahi oleh komunitas dan pelatihan-pelatihan secara berkala dengan disebut GenBI serta sejumlah 50 mahasiswa penerima beasiswa akan mendapatkan masing- masing Rp 5.000.000,00 dibayarakan pada bulan september.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here