Press Release

Seleksi Mandiri Ujian Tertulis Universitas Tidar (SMUT-UNTIDAR) adalah penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dengan jalur ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UNTIDAR. Seleksi ini diperuntukkan bagi program pendidikan Sarjana dan Diploma UNTIDAR. Namun, dikarenakan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Covid-19, Seleksi Mandiri Ujian Tertulis yang semula akan dilaksanakan tanggal 14-15 Juli 2021 di Universitas Tidar, dan tanggal 17-18 Juli 2021 di SMA Negeri 1 Wonosobo diganti mekanisme penilaiannya dengan nilai UTBK-SBMPTN tahun 2021 dan/atau Nilai Rapor SMA/MA/SMK sederajat semester 1 s.d. 6.

Pendaftaran yang semula ditutup tanggal 7 Juli 2021 diperpanjang s.d. tanggal 15 Juli 2021. Pendaftar SMUT Untidar, diberikan kesempatan untuk upload nilai mulai tanggal 11 Juli 2021 pukul 12.00 WIB s.d. 18 Juli 2021 Pukul 16.00 WIB. Jika sampai pada batas waktu yang sudah ditentukan pendaftar tidak menyelesaikan pengisian dan upload nilai, maka dinyatakan mengundurkan diri. Pendaftar SMUT UNTIDAR diwajibkan memiliki Ijazah Lulusan SMA, MA, SMK, MAK  atau yang setara pada tahun 2019, 2020, dan 2021. Bagi lulusan tahun 2021 yang belum memiliki Ijazah, wajib melampirkan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto yang bersangkutan dan dicap. Lulusan paket C dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) dan fotokopi rapor 3 (tiga) tahun terakhir. Disamping itu pendaftar disyaratkan memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar di UNTIDAR (khusus kelompok program studi Saintek tidak buta warna).

Setiap peserta SMUT dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi pada setiap kelompok ujian. Ujian tertulis dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu Kelompok 1, Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok 2, Sosial dan Humaniora (Soshum) dan Kelompok 3, Campuran, dengan ketentuan sebagai berikut : Jurusan IPA dapat mengambil program studi pada jurusan IPS, akan tetapi Jurusan IPS tidak dapat mengambil program studi pada jurusan IPA. Setiap peserta yang dinyatakan lulus ujian tertulis diwajibkan melakukan registrasi sesuai ketentuan. Bagi peserta yang tidak melakukan registrasi sesuai dengan waktu yang ditentukan, dinyatakan gugur/tidak lulus seleksi.

Pada penerimaan mahasiswa baru UNTIDAR jalur SMUT 2021, calon mahasiswa bisa mendaftar pada 19 Program Studi yaitu S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Akuntansi, D3 Akuntansi, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan IPA, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Hukum, S1 Peternakan, S1 Akuakultur, S1 Agroteknologi, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro dan D3 Teknik Mesin.

Pada penerimaan mahasiswa baru UNTIDAR jalur SMUT kali ini jumlah pendaftar sebanyak  1999 orang. 5 orang tidak menyelesaikan proses pendaftaran sehingga tersisa  1994 pendaftar. 76 orang tidak melakukan upload nilai UTBK-SBMPTN dan/ atau nilai rapor semester 1 s.d. 6 sehingga yang memenuhi syarat seleksi sebanyak  1918 orang. Setelah melalui proses seleksi sebanyak 1411 orang dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UNTIDAR melalui jalur  SMUT.

Penulis : Tri Endah Retno Kusumaningrum (Humas UNTIDAR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here