Vocal group mahasiswa Grandio Sonora Tidar (GST) masuk 10 besar Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) tingkat Jawa Tengah ke XIV, Sabtu (18/09). Ajang seleksi perwakilan Jawa Tengah bidang vocal group di Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) ini dilaksanakan di Universitas Khatolik Soegijapranata (UNIKA) Semarang.

“Setelah persiapan dan latihan yang panjang, perjuangan kami terhenti di 10 besar saja. Tidak apa-apa, tahun depan kami pasti akan berjuang lebih baik lagi,” kata Agnesia Dhinda Permatasari, salah satu anggota vocal group GST.

Vocal group GST membawakan harus membawakan lagu wajib dan lagu pilihan yang telah diaransemen ulang. Mereka membawakan Padang Bulan & Nuansa Bening, arr. Poedji Soesila.

“Lagu wajibnya itu lagu-lagu daerah, sedangkan lagu pilihannya merupakan lagu-lagu pop,” ujar ketua tim, Bety Setyorini.

Menurut Bety, seleksi khusus dilakukan sebelumnya untuk memperolah talent yang dianggap layak mewakiliki UNTIDAR dalam PEKSIMIDA XIV. Tim vocal group GST merupakan bagian dari Paduan Suara Mahasiswa GST yang diseleksi khusus.

“Tiap anak menyanyikan 2 buah lagu yang sudah dipilihkan pelatih. Kita mencari talent yang mampu jadi solois, berbeda dengan keseharian kami yang menyanyi dalam kelompok. Cukup sulit masuk grup ini. Buktinya,hanya diambil 12 orang dari 40 anak yang ikut seleksi,” jelasnya.

Mengenai latihan untuk persiapan PEKSIMIDA, dilaksanakan hampir setiap hari. Latihan ini dilakukan mulai pagi hingga sore atau sore hingga malam. Pihak vocal group GST juga mengaku jika latihan tetap berlangsung meski tanpa pelatih. Mereka harus sadar dan mandiri bahwa apa yang diusahakan bertujuan untuk kebaikan tim. (Amandha Ayu Aprilia-mg/DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here