Foto : Abdul Mufid/Dok.Wisuda

Universitas Tidar yang genap berusia 4 tahun menyandang status perguruan tinggi negeri pada 1 April 2018 lalu, kembali menggelar Wisuda Sarjana dan Ahli Madya pada Sabtu, 21 April 2018. Jumlah wisudawan setiap periode selalu mengalami peningkatan. Besar harapannya peningkatan jumlah ini juga diiringi oleh peningkatan kualitas lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.

Peningkatan kualitas lulusan tentunya telah dirancang sesuai Visi UNTIDAR yaitu universitas berbasis riset dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kewirausahaan dengan menyelenggarakan pendidikan dengan mengedepankan nilai-nilai riset, langkah-langkah riset dan hasil riset dalam kehidupan kampus, khususnya dalam pembelajaran/perkuliahan.

Foto : Dok. Humas

Peningkatan bidang Akademik khususnya, menjadi hal yang sangat pokok dalam pengelolaan pendidikan di sebuah perguruan tinggi. Perkembangan komponen pendidikan di Perguruan Tinggi bermuara pada akademik. Akademik sangat dinamis sesuai fungsi Perguruan Tinggi, bahwa Perguruan Tinggi (kampus) merupakan pusat ilmu, pusat peradaban, pusat riset dan pusat budaya.

UNTIDAR harus bisa mewujudkan fungsi ini. Jika, UNTIDAR mampu mewujudkan akademik ini, UNTIDAR sejajar dengan Perguruan Tinggi Negeri yang sudah “gede-gede”. Mudah-mudahan Allah SWT, memberikan wawasan, alur dan proses, hasil akademik yang tinggi kepada sivitas akademika sehingga UNTIDAR lebih berkibar di tingkat regional, nasional, dst.

Perkembangan akademik yang sangat dinamis menuntut UNTIDAR harus mampu menyesuaikan diri salah satunya dengan meyelaraskan pengelolaan bidang akademik dengan sistem/program berbasis teknologi (computer) secara komprehensif dan holistik (terpadu).

Foto : Dok. Humas

Selain itu pula kualitas pendidik maupun mahasiswa juga menjadi salah satu tarif ukur adanya perkembangan di bidang akademik. Ini terlihat dengan meningkatnya jumlah wisudawan periode april tahun 2018.

Pada Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Periode April 2018 ini, UNTIDAR meluluskan 249 wisudawan wisudawati terdiri dari 230 sarjana dan 19 ahli madya. Berikut jumlah lulusan tiap prodi :

Program Studi

Fakultas

Jumlah

S1  Ekonomi Ekonomi (FE)

50

DIII Akuntansi

10

S1  Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

77

S1  Pend. Bahasa Inggris

43

S1  Ilmu Administrasi Negara Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP)

42

S1  Agroteknologi Pertanian (FP)

3

S1  Teknik Elektro Teknik (FT)

10

S1 Teknik Sipil

5

DIII Teknik Mesin

9

 

Peningkatan Jumlah Mahasiswa Cumlaude

Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. pada wisuda ini memberikan penghargaan kepada 87 mahasiswa dengan predikat pujian (cumlaude). Jumlah wisudawan dengan predikat cumlaude meningkat 2 kali lipat dari pewisudaan sebelumnya pada periode Oktober 2017 lalu yang berjumlah 33 wisudawan.

Peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi adalah Antin Purwanti dengan perolehan IPK 3,88 yang merupakan wisudawati Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FKIP. Wisudawan yang beralamat di Jl. Jeruk 1, Kalinegoro, Mertoyudan, Kabupaten Magelang menyelesaikan masa studinya selama 3 tahun, 5 bulan, dan 15 hari. Mantan Ketua Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Mata, UNTIDAR ini berencana melanjutkan studi ke jenjang S2 untuk mewujudkan cita-citanya sebagai dosen. “Membuat diri sendiri paham akan sesuatu itu mudah sedangkan membuat orang lain mengerti dan paham akan suatu hal itu tantangan. Setiap kali punya pemikiran atau penemuan bisa share dengan mahasiswa, kreatifitas tidak dikebiri,” tuturnya.

Pada wisuda ini, terdapat juga wisudawan cumlaude dengan usia Tertua yaitu Lugi Tri Ernanto, wisudawan Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISIP dengan perolehan IPK 3,55. Karyawan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Soerojo, Magelang ini merupakan wisudawan non regular (kelas karyawan) yang menyelesaikan masa studi dalam 3 tahun, 6 bulan dan 11 hari. Lugi lahir di Magelang, 19 September 1978 dan beralamat di Botton Balong, Magelang Tengah, Kota Magelang.

Foto : Dok. Humas

Rektor bersama sivitas akademika UNTIDAR mendoakan seluruh lulusan mampu mengaktualisasikan diri sebagai Aparatus Sipil Negara (ASN), pegawai swasta, dan atau pelaku usaha yang hebat dan sukses. Lulusan UNTIDAR diharapkan mampu mengedepankan nilai kebaikan dengan melatih diri perihal sikap secara terus-menerus untuk Indonesia Jaya, aaamiin. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here