Rektor Universitas Tidar, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. menerima kunjungan dari AKBP Kristanto Yoga Darmawan, SIK., M.Si., Kapolres Magelang Kota, Polda Jawa Tengah, Kamis (19/10). Kunjungan ini merupakan ajang silaturahmi dan perkenalan Kapolres Magelang Kota yang baru saja dilantik awal Oktober ini.

“Terima kasih sudah mau berkunjung ke kampus yang baru 3 tahun menjadi negeri ini. Semoga kerjasama antara UNTIDAR dan pihak Kapolres Magelang Kota bisa semakin ditingkatkan terutama di bidang keamanan, penyuluhan bahaya Narkoba ataupun Bela Negara,” kata rektor.

Bersama Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd. dan Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Bambang Kuncoro, M.Si., beliau memaparkan sejarah singkat kampus serta berdiskusi seputar keamanan kampus.

“Mahasiswa terus bertambah, lahan parkir masih belum maksimal, banyak laporan masuk tentang kehilangan helm. Karakteristik mahasiswa juga semakin beragam, kadang muncul konflik dan berpotensi menjadi demo,” tambahnya.

Menanggapi pernyataan tersebut AKBP Kristanto menyarankan untuk memaksimalkan CCTV di lingkungan kampus serta penerapan manajemen konflik yang tepat. “Contoh kasus pencurian di minimarket kemarin, pelaku cepat terdeteksi karena bantuan CCTV. Maka itu, saya minta kerjasama Kasat Lantas, Dishub dan Diskominfo untuk mengintegrasikan 36 CCTV di wilayah Magelang untuk peningkatan keamanan. Sistem ini bisa juga diaplikasikan di kampus mengingat banyaknya motor serta helm mahasiswa yang mengundang kriminalitas pihak yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

AKBP Kristanto mengajak Rektor UNTIDAR untuk tidak segan bekerjasama dengan pihak Kapolres Magelang. “Kegiatannya bisa disesuaikan, misalnya penyuluhan bahaya Narkoba, radikalisme atau seperti yang diungkapkan Pak Rektor tadi, kedepannya bisa bekerja sama dalam Seminar Bela Negara untuk mahasiswa,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini turut serta Wakapolres Magelang Kota, Kompol Prayudha Widyatmoko, SIK.; Kapolsek Magelang Utara, Kompol M. Khodar; Kasat Lantas, AKP Marwanto; Kasat Intelkam, AKP Moch Yusuf, S.H.; Kasat Narkoba, AKP Budi Prasetyo; kasat Binmas dan AKP Dra. Ni Komang Yanti. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here