Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Tidar melakukan penandatangan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada, Jumat (10/11).

Penandatangan MoU diwakili oleh Dekan Fakultas Pertanian UNTIDAR, Ir. Gembong Haryono, M.P. dan Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA. Penandatangan MoU ini dilangsungkan bersamaan dengan Dies Natalis ke-48 Fakultas Peternakan UGM.

Plt. Koordinator Program Studi Peternakan, Widitya Tri Nugraha, S.Pt., M.Sc. menuturkan bahwa kerjasama ini merupakan langkah awal prodi untuk meningkatkan performanya khususnya di bidang akademik, kurikulum, akreditasi dan aktivitas laboratorium. “Dampak terbesar MoU ini adalah akreditasi Prodi Peternakan. Sebagai prodi baru, banyak standar yang belum tercapai maka itu kami berharap Fakultas Peternakan UGM dapat membantu dalam prosesnya nanti kedepan,”ujarnya..

Kerjasama dengan Fakultas Peternakan UGM ini akan dilakukan di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain UGM, Prodi Peternakan UNTIDAR juga berencana menjalin kerjasama dengan beberapa instansi lain. “Total ada 28 perusahaan, 12 instansi dan 8 universitas. Salah satunya yang sudah disetujui yaitu Fakultas Peternakan UGM ini,” jelas Widit.

Selain Fakultas Peternakan UGM, Prodi Peternakan UNTIDAR juga melakukan perintisan kerjasama dengan PT Mirota KM dan Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Bibit, Pakan Ternak dan Diagnostik Kehewanan (UPTD BPBPTDK) Yogyakarta.

“Perintisan kerjasama ini bertujuan untuk rencana pemagangan mahasiswa, Praktek Kerja Lapangan (PKL), kunjungan industri mahasiswa, praktikum serta penelitian dan pelatihan bagi dosen dan mahasiswa,” tambahnya.

Besar harapan kedepannya, kerja sama ini akan menjadikan Prodi Peternakan menjadi lebih baik lagi. Selain itu, jalinan kerjasama dengan instansi ekternal kampus juga berpeluang membangun kegiatan atau proyek bersama misalnya untuk pengembangan suatu wilayah. (Nasrika Dewi Puspitasari-mg/DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here