SEMINAR DAN SOSIALISASI KURIKULUM UNTUK MENUNJANG PENINGKATAN DAN MOTIVASI MAHASISWA PETERNAKAN

0
230

Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Tidar mengadakan Kegiatan Seminar dan Sosialisasi Kurikulum untuk Menunjang Peningkatan dan Motivasi Mahasiswa Peternakan (28/11) lalu. Dalam kegiatan ini turut mengundang Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan kota Magelang, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang serta Klinik Hewan dan Lab Keswan Kota Magelang sebagai salah satu langkah untuk mengenalkan Program Studi Peternakan ke dinas-dinas terkait peternakan.

Acara tersebut diisi oleh beberapa pemateri dan dimoderatori oleh dosen di Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Untidar, Ayu Rahayu, S.Pt., M.Sc. Sebagai wujud keseriusan Program Studi Peternakan dalam memberikan motivasi ke mahasiswa baru, dalam kegiatan ini turut mengundang pembicara baik dari akademisi maupun pengusaha serta motivator. Pemateri pertama disampaikan oleh Bapak Edwin Indarto, S.Pt., M.P. , dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada yang juga seorang motivator. Dalam materinya disampaikan motivasi kepada seluruh peserta seminar untuk mampu mengenali potensi dalam diri sendiri sehingga mampu menentukan tujuan yang akan diraih.

Dilanjutkan oleh Bapak Ir. Bambang Rijanto Japutra, M.P. dosen Universitas Nahdatul Ulama Purwokerto yang menyampaikan bahwa sarjana peternakan merupakan potensi dalam pengembangan peternakan di Indonesia. Sarjana peternakan sebagai penyalur ilmu dan teknologi peternakan, serta pengembangan sektor-sektor peternakan untuk pemenuh kebutuhan hewani dalam negeri. Seorang sarjana peternakan memiliki peluang yang cukup tinggi sebagai pengusaha, sebagai SDM yang dapat dimanfaatkan oleh perusahan peternakan ataupun sebagai pegawai negeri sipil. Tantangan sarjana peternakan adalah di bidang kompetensi, mental dan pasar global. Peternakan merupakan kegiatan dari hulu sampai hilir, budidaya dan penunjang. “lakukanlah apa yang kamu bisa lakukan untuk Ibu Pertiwi, berikan apa yang kamu bisa berikan untuk Ibu Pertiwi. Lakukanlah dan berikanlah sesuai dengan pekerjaanmu”, katanya.

Akhir acara Widitya Tri Nugraha, S.Pt., M.Sc selaku Plt. Koordinator Program Studi Peternakan memberikan cindera mata kepada para pembicara. Widitya menyampaikan kurikulum yang dilaksanakan oleh Program Studi Peternakan dikembangkan berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan memasukkan muatan lokal. Sehingga diharapkan dengan sosialisasi ini dapat memberikan informasi ke khalayak umum bahwa sudah adanya Program Studi Peternakan di Universitas Tidar. “Semoga ke depan Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Tidar ini akan semakin berkembang sebagai prodi baru, dan diharapkan dengan penerapan Kurikulum ini akan menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas sehingga akan memberikan kontribusi terhadap kemajuandalam bidang peternakan di Indonesia”, jelasnya. (Lastriana Waldi-FP/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here