Memperhatikan Pengumuman No: 034/Pan-Pilrek/KP/2018 perihal Penetapan Jadwal Pemilihan Ulang Rektor Universitas Tidar Periode 2018-2022 dipaparkan bahwa tahapan pemilihan rektor UNTIDAR dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu Tahap Penjaringan, Tahap Penyaringan, Tahap Pemilihan dan Tahap Penetapan dan Pelantikan Rektor.
Senat Universitas Tidar melaksanakan Rapat Senat Terbuka, Penyampaian Visi, Misi dan Program Kerja Bakal Calon Rektor Universitas Tidar Periode 2018-2022 pada Kamis, 6 Desember 2018 di Auditorium UNTIDAR. Kegiatan ini merupakan bagian dari Tahap Penyaringan.


Tahap Penjaringan telah dimulai dari Bulan Oktober 2018 mulai dari pembentukan panitia, pengumuman, seleksi administrasi hingga penetapan bakal calon rektor oleh senat. Selanjutnya proses Pemilihan Rektor UNTIDAR dilanjutkan ke Tahap Penyaringan yang terdiri dari sosialisasi bakal calon rektor, penyampaian visi misi, penetapan dan penilaian 3 calon rektor dan penetapan calon rektor oleh senat.
Bakal Calon Rektor UNTIDAR terdiri dari 4 kandidat yang berasal dari dalam dan luar kampus. Kandidat tersebut adalah Dr. Samodra Wibawa, M.Sc. (UNTIDAR), Prof. Erry Purnomo, Ph.D (UNTIDAR), Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. (UNDIP) dan Prof. Dr. Sukarno, M.Si (UNTIDAR).


Rapat Senat Terbuka, Penyampaian Visi, Misi dan Program Kerja Bakal Calon Rektor Universitas Tidar Periode 2018-2022 dihadiri oleh anggota senat, jajaran pimpinan universitas dan fakultas, dosen, tenaga kependidikan serta perwakilan mahasiswa UNTIDAR. Turut hadir pula, Sekretaris Inspektorat Jenderal, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr. Yusrial Bachtiar, Ak., MM., CA.
Beliau menekankan pentingnya kejelian Senat UNTIDAR dalam menelaah berkas serta penyampaian para Bakal Calon Rektor dalam acara Rapat Senat Terbuka ini.
“Setelah penyampaian visi misi keempat Bakal Calon Rektor ini akan dipilih 3 Calon Rektor pada siang nanti. Kepada seluruh senat saya mohon pilihlah sesuai hati nurani dari penilaian berkas dan presentasi hari ini,” jelas Dr. Yusrial Bachtiar, Ak., MM., CA.
Menurut beliau, hasil 3 besar Calon Rektor hari ini dan Rektor UNTIDAR pada akhir proses nanti merupakan yang hasil yang terbaik terbaik serta berharap pelaksanaannya akan berjalan lancar sampai pelantikan nanti.


Pelaksanaan Penyampaian Visi, Misi dan Program Kerja Bakal Calon Rektor dipandu oleh Drs. Budiono, M.Pd., Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) selaku moderator.
Para bakal calon rektor mengambil nomor urut sesaat sebelum menyampaikan presentasinya. Masing-masing kandidat diberi kesempatan menyampaikan visi, misi dan program kerjanya selama 20 menit.
Setelah Penyampaian Visi, Misi dan Program Kerja selanjutnya Senat UNTIDAR melaksanakan Rapat Senat Tertutup Penilaian dan Penetapan Calon Rektor UNTIDAR. Hasil penetapan iniah yang akan dilaporkan kepada Menteri dan selanjutkan untuk diproses ke tahap selanjutnya yaitu Pemilihan Calon Rektor UNTIAR oleh senat bersama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here