Carica atau Vasconcellea Cundinamarcencis ini merupakan sejenis buah yang berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Mulai ditanam di Indonesia khususnya di wilayah dataran tinggi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah pada masa pemerintahan Hindia Belanda saat masa Perang Dunia II.

Buah yang masih satu keluarga dengan buah Pepaya ini tumbuh subur dan dibudidayakan oleh para petani di Wonosobo dan sekitarnya. Mereka mengolahnya menjadi manisan carica dan menjadi oleh-oleh khas Dieng, Wonosobo.

Menisan carica bisa disantap langsung atau dijadikan bahan campuran es buah,. Namun di tangan para mahasiswa Universitas Tidar, manisan carica diolah menjadi makanan kekinian yang disukai banyak orang.

“Kami mengolah manisan carica menjadi bahan isian mochi. Lembutnya kue asal jepang yang berasal dari beras ketan ini terasa lebih nikmat dengan paduan manisnya manisan carica. Kue mochi dengan isian manisan carica ini kami namakan Mochicari,” ujar Rihmayati Aisah.

Terinspirasi dari banyak bermunculannya makanan kekinian dengan aneka rasa, Aisa mencoba memadukan mocha dengan manisan carica.

Inovasi Aisa bersama Shara Thaharah, Laili Hidayani, Farahifa Risdana dan Oktaviani Sri Rahayu ini merupakan hasil Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) UNTIDAR yang berhasil lolos dan memperoleh pendanaan dari pihak Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Inovasi baru rasa mocha ini menarik banyak perhatian para pengunjung dan stok mochi yang kami bawa habis dibeli pengunjung,” tambahnya.

Pada acara seminar kerjasama UNTIDAR dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga dengan tema “Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda” pada Jumat (09/08), Mochicari laris manis dibeli para peserta dan pengunjung stand.

Pengunjung dapat  membeli mochicari dengan harga jual Rp 3.000 per cup kecil dan Rp 20.000 per kemasan besar.

“Mochicari merupakan cemilan aman, enak dan sehat. Target kedepannya kami bisa memperoleh ijin produksi serta memperoleh predikat halal sehingga dapat kami pasarkan ke pasar yang lebih luas lagi,” jelas Aisa.

Pemasaran mochicari selain mengikuti pameran adalah memanfaatkan sosial media Instagram dengan akun @mochicari_untidar. Selain varian isi manisan carica, ada pula mochi dengan rasa oreo dengan isi selain susu vanilla.(JasindaValmai-mg/DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here