Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) Universitas Tidar menggelar acara Bakti Sosial “Charity On Identity Civil 3.0” di 10 masijd sekitar kampus, Sabtu (12/05). Kegiatan ini melibatkan 103 mahasiswa prodi Teknik Sipil angkatan 2017.

Mengacu pada salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, kegiatan rutin yang setiap tahun diselenggarakan oleh HMTS UNTIDAR ini pada tahun ini mengangkat tema “Bersihkan Dirimu, Sucikan Hatimu Melalui Tempat Ibadahmu”.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar kampus pada umumnya serta dapat menumbuhkan rasa sosial dan solidaritas antar mahasiswa teknik sipil pada khususnya,” ujar Annisa, Ketua Pelaksana.

Baksos terdiri dari beberapa kegiatan  diantaranya : Sipil Mengajar, lomba-lomba untuk anak-anak kecil membersihkan serta mengecat masjid. Kegiatan baksos disambut baik oleh warga sekitar lokasi masjid bahkan mereka juga ikut bergabung dalam proses membersihkan atau mengecat masjid.

“Kegiatan dimulai pukul 07.00 Wib. Setiap tim menuju lokasi masjid yang telah ditentukan, dimulai dengan membersihkan masjid. Beberapa masjid kami bantu mengecat juga, seluruh biaya cat dari HMTS. Lalu kegiatan diakhiri dengan Sipil Mengajar dan lomba untuk anak-anak sekitar lokasi masjid,” jelas Faisal Hasyim, Ketua HMTS UNTIDAR.

Sipil Mengajar merupakan kegiatan mengajar anak-anak kecil di sekitar lokasi masjid disertai lomba-lomba menarik. (Foto : Azhari Susilo/Dok. HMTS)

Setiap tim HMTS juga memberikan bantuan alat-alat kebersihan kepada masing-masing lokasi baksos. Kegiatan berakhir sekitar pukul 14.30 WIB dimana seluruh tim kembali ke kampus UNTIDAR.

Lokasi baksos meliputi 10 masjid yaitu : Masjid Ukhuwah Islamiyah Badakan, Masjid Al ImanTuguran, Masjid Nurul Huda Potrobangsan, Masjid Baitul Makmur Potrobangsan, Masjid Al Hidayah Potrobangsan, Masjid Shalahuddin  Al  Ayyubi Potrobangsan, Masjid Isnain Al Hidayah Dumpoh, Mushola An Nur Potrobangsan, Mushola Al Hidayah Dumpoh, dan Mushola At TaqwaTuguran.

Salah satu warga, Rohadi Takmir masjid Ukhuwah Islamiyah Tuguran menuturkan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya saat menjelang ramadhan. “Kami cukup terbantu dan berterima kasih karena bersih-bersih masjid kali ini dibantu tidak hanya tenaga, namun juga alat serta cat juga. Masjid jadi bersih dan siap menyambut bulan Ramadhan katena bantuan teman-teman mahasiswa,” tuturnya. (Puspita Andiyani-HMTS/DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here