Dua minggu ujian akhir semester (UAS) mahasiswa universitas tidar telah terlaksana, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Tidar semester  5 menutup UAS kali ini dengan acara persembahan lagu daerah dengan tema “Lantunan Nada Nusantara”.

Acara ini merupakan tugas akhir dari mata kuliah Ilmu Perbandingan Bahasa Nusantara dari 3 kelas yang diampu oleh Ibu Dr. Yulia Esti Katrini, MS. Dan Ibu Asri Wijayanti, S.Pd., M.A.

Dalam sambutannya, Ibu yulia mengungkapkan rasa bangganya terhadap seluruh  anak didiknya karena sudah tuntasnya mata kuliah tersebut selama semester ganjil berlangsung. Ia berharap agar nantinya mata kuliah ini mampu menjadi pengetahuan bahwa bahasa kita sangat luas. “Semoga ilmu dari mata kuliah ini dapat menjadi pengetahuan rekan-rekan mahasiswa ketika mengajar di berbagai sekolah atau lingkungan perguruan tinggi sehingga dapat memahami ragamnya kegiatan bahasa dan menjadi korespondensi antara bahasa yang satu dengan berbagai bahasa lainya”, jelasnya.

Bersamaan dengan itu maksud dari acara ini nantinya dapat memberikan pengetahuan bagi orang banyak. “Buat diri kita bermanfaat bagi orang lain”, kata Arief Setiawan selaku ketua panitia.

Arief menambahkan bahwa acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan bahasa melalui gerak dan lagu nusantara yang tidak semua mengetahuinya. Bahasa yang terdapat di negara Indonesia sangat beragam dan perlu diketahui banyak orang karena bagian dari budaya.

“Acara ini dari kita, oleh kita dan untuk kita, selain untuk pengetahuan juga mempererat kekeluargaan antara mahasiswa dan dosen”, jelasnya.

Diawali dengan nyanyi bersama, seluruh mahasiswa membawakan lagu Mudiak Arau dari Sumatra Barat dan dilanjutkan penampilan dari masing-masing kelas.

Kelas A dengan menampilkan lagu Bungong Jeumpa dari daerah Aceh serta Manuk Dadali dari daerah Sunda, dilanjutkan Kelas B yang membawakan lagu Mana Lolo Banda dari daerah NTTserta Huhate dari Maluku dan penampilan kelas C menyanyikan lagu Sipatokaan dari daerah Sulawesi serta Rambadia dari daerah Sumatra Utara.

Acara ini ditutup dengan menyanyikan lagu Maumere dari daerah NTT diikuti oleh seluruh mahasiswa, dosen maupun penonton yang hadir dalam acara tersebut.(HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here