Electrical Lightweight Automobile Non Gasoline atau kita sebut ELANG merupakan karya pertama prototype mobil hemat energi mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Tidar. ELANG memiliki panjang 260 cm dan tinggi 70 cm dengan mengandalkan tenaga listrik dari 4 accu yang dirangkai secara seri dengan total daya 48 volt.

“Sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya, ELANG UNTIDAR sudah kami upgrade dibeberapa bagian disesuaikan dengan kualifikasi Kompetisi Mobil hemat Energi (KMHE),” ujar Heru Sai Udin, Ketua Tim Elang saat test drive ELANG UNTIDAR di jalan GOR Dr. Soebroto, Jumat (03/11).

ELANG UNTIDAR terbuat dari bahan besi galvanis dengan dimensi 3×6 dan tebal 1,4 mm. Kaca depan dan samping terbuat dari fiberglass dimana bahan ini bertujuan melindungi keselamatan pengemudi jika nantinya terjadi kecelakaan.

Berdasarkan hasil uji di jalan di area perkotaan dan GOR Dr. Soebroto Magelang, ELANG dengan voltase 48 volt (4 accu) yang menggerakan motor listrik berdaya 350 watt mampu melaju dengan kecepatan 35-50 km/jam.

Proses pembuatan dimulai Februari tahun 2017 dan terus dikembangkan sampai akhirnya lolos untuk mengikuti KMHE tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementrian Roset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) di Surabaya pada tanggal 7-11 November 2017 mendatang. Pada kesempatan ini Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) sebagai tuan rumah menyelenggarakan event ini di Sirkuit Kenjeran Park Surabaya dan Gedung Robotika, kampus ITS Sukolilo.

“Sebelumnya kami telah melalui beberapa tahap seleksi. Yang pertama adalah tahap seleksi proposal, tahap kedua tahap progress report dimana kami harus menyesuaikan mobil ELANG sesuai dengan kriteria KMHE seperti daya, kecepatan, safety riding, dll dan harus memenuhi standar 90% dari keseluruhan standar. Lolos tahap ini kemudian kami memasuki tahap ketiga yaitu tahap race di ITS besok,” jelas Pendamping Tim Elang, Sigit Joko Purnomo, S.T., M.T. yang juga merupakan dosen D3 Teknik Mesin UNTIDAR.

Dalam kompetisi ini, ELANG UNTIDAR akan bertanding bersama 80 tim lain yang berasal dari 43 perguruan tinggi se-Indonesia. Khusus untuk kategori Prototype – electrical vehicle, ELANG UNTIDAR akan bertanding dengan 17 tim.

“Selama beberapa hari, ELANG akan diuji ketahanannya di sirkuit dimana kecepatan dan daya yang terpakai adalah poin utama penilaian. ELANG akan menjalani uji jalan pada sirkuit sepanjang 1,1 km yang akan ditempuh dalam 5 kali race selama kurang lebih 30 menit,” tambah Sigit.

Tim ELANG UNTIDAR terdiri dari 7 mahasiswa D3 Teknik Mesin yaitu Heru Sai Udin, Arfashad Izaz Adi Saputra, Tommy Hidayat, Adi Saputro, Afiat Robiyahya, Muhammad Islakhudin dan Fandi Again Dwi Permana. Dibantu 6 teknisi yaitu Lukman Nurul Hakim, Setya Pambudi, Nurofik, bangkit Hendra, Dwi Ary dan Setyo Rizki Adyanto.

Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd mengapresiasi inovasi dan ide kreatif mahasiswa sampai akhirnya maju dalam sebuah kompetisi tingkat nasional. “Inovasi dan ide kreatif seperti inilah yang kami tunggu. Diharapkan banyak ide-ide lain yang bermunculan lalu kemudian dikumpulkan dan mulai dipresentasikan di depan mahasiswa lainnya. ELANG salah satunya hasilnya, diharapkan dapat menular dan semakin banyak hasil ide kreatif mahasiswa yang maju di kancah nasional. Semoga sukses dan mendapatkan kejuaraan,” tuturnya.

Rektor UNTIDAR; Wakil Rektor Bidang Keuangan, Drs. Hery Suroso, S.T., M.T. dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Bambang Kuncoro, M.Si. bersama melepas Tim Elang UNTIDAR yang akan berangkat menuju Surabaya mengikuti ajang KMHE pada Minggu (05/11). (Indah Cahya Rahmadani-mg/DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here