Sesuai dengan ketetapan oleh Kementerian Agama, Republik Indonesia bahwa 1 Ramadhan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis (17/5) maka rangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK) di Universitas Tidar dimulai pada Rabu malam (17/05).

Kegiatan tahunan dibawah koordinasi Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Ar-Ribath ini diawali dengan sholat Isya berjamaah yang dilanjutkan dengan sholat tarawih di Masjid Mambaul Ulum, UNTIDAR. Pada kesempatan awal kegiatan RDK ini, Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. menjadi Imam shalat Isya dilanjut shalat Tarawih dan shalat Witir serta menjadi Khatib Ceramah singkat setelah shalat Tarawih.

“Mahasiswa harus menjalin hubungan antar sesama mahasiswa maupun dengan dosen.  Selain itu, mahasiswa juga harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini baik untuk menjaga silaturahmi, kuliah atau kegiatan lain yang positif,” tuturnya.

Pada tarawih perdana, Masjid Mambaul Ulum dipenuhi jamaah dari kalangan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta masyarakat sekitar kampus.

“Jamaah tarawih membludak sampai serambi masjid, semoga jumlah jamaah bertahan bahkan bertambah sampai akhir ramadhan nanti,” tutur Bangkit Wirawanselaku Ketua umum UKM LDK Ar-Ribath periode 2018.

Tidak hanya Shalat Tarawih saja kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK) kali ini juga memiliki beberapa agenda untuk bisa diikuti oleh seluruh umat muslim yang ada di Universitas Tidar antara lain Tarhib Ramadhan, Shalat Tarawih, Gerakan Shubuh Jamaah (GSJ), Buka bersama di masjid kampus, Ngaji bareng Ormawa, Tadarus Al-Qur’an, Kajian menjelang berbuka di masjid kampus, Tabligh akbar, Nuzulul Qur’an, Sahur berbagi, ‘Itikaf, Santunan anak yatim, Khataman Al-Qur’an.

“Kami ingin berusaha memfasilitasi secara maksimal untuk seluruh sivitas akademika UNTIDAR dalam mengoptimalkan keberkahan di bulan suci Ramadhan dengan beberapa program yang kami selenggarakan, harapannya baik mahasiswa, dosen maupun tendik antusias untuk meramaikan dan mengikuti serangkaian RDK 2018 ini sehingga kita bisa meningkatkan kualitas diri dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta jadikan Ramadhan ini sebagai momentum untuk merubah diri untuk menjadi yang lebih baik lagi,” tambah Bangkit. (Slamet Prakoso-LDK Ar Ribath/DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here